Medina Zein Absen Pemeriksaan sebagai Tersangka di Polda Metro

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 10 Jan 2022 10:32 WIB
Gaya Medina Zein
Medina Zein (Dok. Instagram medinazein)
Jakarta -

Polda Metro Jaya menjadwalkan pemeriksaan kepada Medina Zein sebagai tersangka kasus pencemaran nama baik hari ini. Namun, Medina Zein tidak dapat memenuhi panggilan pemeriksaan itu karena sedang sakit.

"Kalau pemeriksaan Medina rencana minggu depan, diundur ya," kata pengacara Medina Zein, Djamalluddin Koedoeboen, saat dihubungi, Senin (10/1/2022).

Medina Zein diketahui telah ditetapkan sebagai tersangka di kasus pencemaran nama baik. Status tersangka itu atas laporan yang dilayangkan oleh selebgram Marisyya Icha.

Menurut Djamalluddin, pihaknya telah mengirimkan surat permohonan pengunduran pemeriksaan kepada penyidik. Dia menyebut kliennya saat ini dalam keadaan sakit sehingga meminta pemeriksaan diundur pada Senin (17/1) pekan depan.

"Beliau lagi kurang sehat dan diminta minggu depan. Suratnya sudah disampaikan ke penyidik," jelas Djamalluddin.

Medina Zein Ditetapkan Tersangka

Polda Metro Jaya diketahui telah menetapkan selebgram Medina Zein sebagai tersangka kasus pencemaran nama baik. Medina ditetapkan sebagai tersangka atas laporan yang dilayangkan oleh Marissya Icha.

"Saya sampaikan bahwa pada hari ini Polda Metro Jaya telah tetapkan Medina Zein sebagai tersangka terkait dengan kasus pencemaran nama baik," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (5/1).

Zulpan mengatakan proses penetapan tersangka kepada Medina Zein telah melalui serangkaian proses penyelidikan hingga penyidikan yang sesuai prosedur. Dua alat bukti pun telah dikantongi penyidik dalam penetapan tersangka tersebut.

"Ini melalui proses dari segi hukum dua alat bukti telah dimiliki penyidik," terang Zulpan.

Selain itu, Zulpan mengatakan pihak kepolisian telah berupaya melakukan mediasi kepada Medina Zein dan Marisyya Icha. Namun upaya mediasi itu berakhir buntu.

"Sebelum tetapkan tersangka penyidik sudah melakukan mediasi kepada mereka. Namun tidak terdapat jalan perdamaian di situ sehingga kasus berlanjut dan hari ini penyidik tetapkan Medina Zein tersangka," terang Zulpan.

Lantaran mediasi buntu, polisi kemudian menetapkan Medina Zein sebagai tersangka. Dia dijerat dengan Pasal 310 dan 311 KUHP tentang Pencemaran Nama Baik.

(ygs/mea)