Hadiri Perayaan Natal GAMKI, Wamenag Tekankan Pentingnya Toleransi

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Minggu, 09 Jan 2022 18:15 WIB
Wamenag hadiri perayaan Natal GAMKI
Wamenag hadiri perayaan Natal GAMKI (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Wakil Menteri Agama (Wamenag), Zainut Tauhid menghadiri perayaan Natal Nasional Pemuda Indonesia Tahun 2021 yang digelar oleh Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI). Zainut menekankan pentingnya nilai toleransi untuk mencegah perpecahan.

"Untuk mencegah perpecahan tersebut maka masyarakat Indonesia perlu menanamkan nilai toleransi," kata Zainut di Padang, seperti dalam keterangan yang diterima detikcom, Minggu (9/1/2022).

Acara itu mengusung tema 'Bersehati Memelihara Kasih Persaudaraan'. Hadir, Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun, Wakil Bupati Mentawai Kortanius Sabeleake, Ketua PGPI Sumatera Barat Pdt. Hendri Dunan Sirait, Ketua KNPI Sumatera Barat Nanda Satria, Wakil Ketua Umum DPP GAMKI Sherly Wattimena, Sekretaris Umum DPP GAMKI Sahat Sinurat, dan pemuda Kristen Sumatera Barat.

Zainut mengatakan bahwa toleransi merupakan sikap yang menunjukkan keterbukaan untuk menerima, mendengar pendapat orang lain yang berbeda pandangan. Dia menyebut, toleransi juga tidak merusak nilai-nilai agama lain.

"Toleransi umat beragama di Indonesia dapat dimiliki dan tercipta dalam kehidupan masyarakat jika setiap umat yang ada di dalamnya menghayati setiap nilai-nilai iman yang diajarkan oleh agamanya," tegas Zianut.

"2022 dicanangkan sebagai Tahun Toleransi. Saya berharap GAMKI bisa ambil bagian dalam ikut mensukseskannya," sambung dia.