Survei Cawapres Indikator: Sandiaga Teratas, Ridwan Kamil-AHY Membuntuti

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 09 Jan 2022 15:31 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno (Dok. Kemenparekraf)
Jakarta -

Lembaga survei Indikator Politik Indonesia (IPI) menggelar survei elektabilitas politisi yang berpotensi maju sebagai calon wakil presiden (cawapres). Hasil survei Indikator, Sandiaga berada di posisi teratas, disusul secara berurut-turut ada Ridwan Kamil dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Survei Indikator Politik Indonesia digelar pada 6-11 Desember 2021. Populasi survei tersebut adalah warga negara Indonesia yang memiliki hak pilih dalam pemilihan umum.

Penarikan sampel survei Indikator menggunakan metode multistage random sampling. Total sampel 2020 responden dengan sampel basis sebanyak 1.220 orang yang tersebar proporsional di 34 provinsi, serta dilakukan penambahan sebanyak 800 responden di Jawa Timur.

Margin of error survei tersebut +- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka.

Direktur Eksekutif IPI Burhanuddin Muhtadi menjelaskan, berdasarkan simulasi 12 nama cawapres, elektabilitas Sandiaga paling tinggi. Dalam surveinya, sebut Burhanuddin, tidak terdapat nama Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Dalam wawancara survei ini, responden ditanya, 'jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang ibu/bapak anggap paling pantas sebagai cawapres di antara nama-nama berikut.

"Ini 12 nama, nama-nama yang kita anggap potensial maju sebagai wapres. Jadi nama Anies kita take out, nama Prabowo, nama Ganjar, kita take out. Sandi paling tinggi, disusul Ridwan Kamil, AHY," kata Burhanuddin dalam konferensi pers virtual di kanal YouTube IPI, Minggu (9/1/2022).

"Nomor 4 dan nomor 5, Erick dan Airlangga," imbuhnya.

Berikut ini hasil survei IPI:

- Sandiaga Uno 25%
- Ridwan Kamil 15,3%
- AHY 12%
- Erick Thohir 7,9%
- Airlangga Hartarto 7,3%
- Khofifah Indar Parawansa 6,3%
- Puan Maharani 2,9%
- Mahfud Md 2,1%
- Bambang Soesatyo 0,8%
- Cak Imin 0,6%
- Zulkifli Hasan 0,6%
- Ahmad Syaikhu 0,6%
- Tidak tahu/tidak jawab 18,7%

Simak juga 'Hasil Survei Elektabilitas Cawapres 2024, Sandiaga Uno Teratas':

[Gambas:Video 20detik]



(zak/gbr)