Ratusan Rumah Dikepung Banjir, Warga Jayapura Diungsikan

Wilpret Siagian - detikNews
Minggu, 09 Jan 2022 11:05 WIB
Ratusan rumah di Jayapura terendam banjir, warga mengungsi
Ratusan rumah di Jayapura terendam banjir, warga mengungsi. (Wilpret Siagian/detikcom)
Jayapura -

Ratusan rumah warga di Nimbokrang, Kabupaten Jayapura, Papua, terendam akibat meluapnya Sungai (Kali) Grime dan Kali Aso di Kampung Nimbokrang, Minggu (9/1/2022).

Prajurit Kodim 1701/Jayapura dikerahkan mengevakuasi warga ke tempat pengungsian.

"Kita sudah kerahkan prajurit untuk mengevakuasi warga yang mengalami kebanjiran," ujar Dandim 1701/Jayapura Letkol Inf Richard Arnold Sangari di Jayapura, Minggu (9/1).

Richard mengungkapkan, banjir kal ini disebabkan oleh meluapnya Sungai Grime dan Sungai Aso di Kampung Nimbokrang.

"Intensitas hujan yang tinggi disertai angin kencang di awal Januari 2022 mengakibatkan beberapa sungai wilayah Jayapura meluap menyebabkan sekitar 240 rumah warga terendam, dengan ketinggian air sekitar 50 cm sampai 1,5 meter," terangnya.

Ia menuturkan tidak ada korban jiwa dampak banjir tersebut. Namun ratusan hektare lahan pertanian sawah tergenang dan ternak warga diungsikan ke tempat yang lebih tinggi kemungkinan akan gagal panen.

"Akibat banjir ini, sampai saat ini tidak ada korban jiwa, namun perabotan warga terendam air, lahan pertanian terendam air, Ternak warga masyarakat diungsikan ke tempat yang tidak kena genangan air. Sampai siang ini air belum surut, ketinggian air kurang-lebih 150 cm," tambahnya.

Richard mengatakan pihaknya telah mengambil tindakan dan langkah-langkah dengan berkoordinasi dengan kepala Kampung, Distrik (Kecamatan), dan masyarakat untuk membantu masyarakat yang kena banjir.

"Saat ini pula, semuanya telah berada di lokasi banjir untuk mengevakuasi, memberikan bantuan makanan dan minuman, serta membantu dengan mengerahkan alat perlengkapan agar lebih cepat penanganannya," tutup Dandim 1701/Jayapura.

(mud/mud)