Haru Jemaah Bisa Umroh Lagi Usai 2 Tahun Terhalang Pandemi

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 08 Jan 2022 20:34 WIB
Pemerintah kembali membuka keberangkatan jamaah umrah asal Indonesia meski Omicron mewabah.
Jemaah berangkat umroh setelah 2 tahun terhalang pandemi. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Pandemi Corona membuat kegiatan umroh di Arab Saudi sekitar 2 tahun terhenti. Saat umroh kembali dibuka, rasa haru dirasakan jemaah.

Jemaah umroh menceritakan suasana hatinya sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci. Tangis harus mengiringi keberangkatan mereka.

Setiap jemaah juga tak lupa melakukan dokumentasi saat masuk ke dalam mobil menuju Bandara Soekarno-Hatta. Rasa rindu dan antusias diceritakan salah satu jemaah asal Batam, yakni Silvi (42).

"Kami luar bisa semangat dan antusias karena memang sudah rindu banget. Kan umroh hampir dua tahun ini ditutup," kata Silvi saat ditemui di lokasi, Sabtu (8/1/2022).

Di sisi lain, kekhawatiran Silvi muncul ketika dirinya diharuskan berangkat haji di tengah pandemi. Dia pun yakin dan pasrah untuk tetap menjaga protokol kesehatan (prokes).

"Lillahita'ala, semua jemaah ditanya rata-rata lillahita'ala karena insyaallah, selain persiapan diri jaga kesehatan, juga jaga prokes tentu," ucapnya.

Rasa Syukur Kemenag

Rasa syukur juga disampaikan Direktorat Jenderal Haji dan Umroh Kemenag Hilman Latief. Hilman menyebut bahwa kesempatan ini berkat kerja sama diplomasi yang dilakukan kementerian dan lembaga terkait.

"Akhir 2021, kita ingat Arab Saudi membuka kembali kedatangan jemaah umroh dari Indonesia. Kesempatan baik ini kita sambut dengan melakukan kesiapan di dalam internal Kemenag, koordinasi antara kementerian/lembaga serta diplomasi dengan pemerintah Arab Saudi," ujar Hilman saat melepas jemaah umroh.

Tak lupa, Hilman mengimbau para jemaah untuk selalu menerapkan prokes. Jemaah pun diharuskan langsung melaksanakan karantina terlebih dahulu setiba di Arab Saudi.

"Banyak sekali tahapan dalam suksesnya pemberangkatan umroh ini. Karena itu, saya memberikan pesan kepada jemaah umroh untuk tetap menaati aturan yang berlaku di Tanah Air dan Arab Saudi," tuturnya.

Tercatat ada 419 jemaah yang berhasil berangkat haji pada kloter pertama di tengah 59 ribu jemaah yang masih tertunda. Dia juga berpesan kepada jemaah untuk tetap disiplin agar jemaah lainnya bisa mendapatkan kesempatan ini.

Simak di halaman selanjutnya!