PKS Nilai Kasetpres Heru Budi Mumpuni Jadi Pj Gubernur DKI Pengganti Anies

ADVERTISEMENT

PKS Nilai Kasetpres Heru Budi Mumpuni Jadi Pj Gubernur DKI Pengganti Anies

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 07 Jan 2022 16:55 WIB
Kasetpres Heru Budi Hartono
Heru Budi Hartono (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan berakhir pada Oktober mendatang. Wakil Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Ismail menilai sosok Kepala Sekretariat Kepresidenan (Kasetpres) Heru Budi Hartono mumpuni menggantikan Anies sebagai Penjabat Gubernur DKI.

"Paling nggak kalau melihat track record beliau (Heru) ada pengalaman di BKAD dan Wali Kota. Artinya secara pengalaman seharusnya sudah mumpuni," kata Ismail saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (7/1/2022).

Anggota Komisi B itu menilai Heru memiliki kualifikasi mengurus permasalahan Jakarta yang kompleks. Ditambah lagi, Heru telah dipercaya membantu Presiden Joko Widodo sebagai Kasetpres sejak 2017. Kendati demikian, Ismail tak menampik banyak tokoh lain yang memenuhi kriteria yang dimaksud.

"Tapi apakah hanya beliau yang penuhi kriteria tadi? Saya yakin nggak juga. Karena harus dilakukan pendataan komprehensif untuk melihat sosok lebih tepat," ujarnya.

PKS berpesan siapa pun Penjabat Gubernur DKI yang ditunjuk terhindar dari konflik politik di tengah masyarakat menjelang Pilgub 2024. Serta melanjutkan program-program kerja Anies hingga Gubernur definitif ditetapkan.

"Sisa waktu masa jabatan Plt cenderung lebih banyak melanjutkan apa yang sudah ditetapkan tersebut dan terhindar dari polemik atau kegaduhan politik di masyarakat," imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, masa jabatan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI akan berakhir pada Oktober 2022. Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Gembong Warsono menyebut nama Kasetpres Heru Budi Hartono soal kandidat Penjabat Gubernur DKI.

"Kalau secara pribadi, Pak Heru baik, penguasaan persoalan Jakarta saya kira oke," kata Gembong kepada wartawan, Rabu (5/1).

Gembong meyakini Heru Budi adalah sosok yang memahami permasalahan Jakarta. Heru pernah sebagai Kepala Badan Pengelola Keuangan Aset DKI hingga Wali Kota Jakarta Utara.

(taa/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT