Korban Meninggal Akibat Tanah Longsor di Jayapura Jadi 7 Orang

Wilpret Siagian - detikNews
Jumat, 07 Jan 2022 16:18 WIB
Tanah longsor di Jayapura, Papua. (Wilpret/detikcom)
Tanah longsor di Jayapura, Papua. (Wilpret/detikcom)
Jayapura -

Korban meninggal akibat tanah longsor di Jayapura tercatat menjadi 7 orang. Tim gabungan masih terus mencari dugaan korban lainnya.

"Lokasi longsor pertama terjadi Dok V Atas, Kelurahan Trikora, ada tiga korban jiwa yang tertimbun yakni, John Itlay (23), Gidion Itlay (18) dan Theo Itlay (18). Kemudian TKP kedua yaitu di kompleks Bhayangkara yang memakan korban jiwa sebanyak dua orang yakni Bapak Junaedi (68) dan Ibu Sudarti (67) sedangkan korban luka-luka ada dua orang yang merupakan anggota polri yakni Ainul (22) dan Jordan (22)," ujar Kapolresta Jayapura Kota Kombes Gustav R. Urbinas dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (7/6/2022).

Sedangkan pada TKP ketiga di APO Kali terdapat satu korban jiwa, yaitu Antonieta (39), dan kritis satu orang, yakni Martina (15). TKP keempat ada di belakang Kantor POM AD XVII Cenderawasih, terdapat juga korban jiwa satu orang meninggal dunia karena tertimbun, yakni Asniati (35).

"Jadi korban keseluruhan akibat longsor dan tertimbun di wilayah kota Jayapura ada 7 orang di empat lokasi. Korban sudah dilakukan evakuasi ke rumah sakit baik yang meninggal dunia maupun dirawat," jelasnya.

Aparat Kepolisian mengimbau, bila terjadi curah hujan yang cukup tinggi dan terus-menerus, khusus warga yang tinggal di lereng bukit segera mengamankan diri atau mengungsi.

"Kami minta bagi warga yang berada pada daerah perbukitan ketika hujan deras terjadi supaya mengamankan diri mengungsi ke tempat yang disediakan pemerintah," tandasnya.

Ia menambahkan lokasi banjir di wilayah kota Jayapura terjadi di depan Kantor Gubernur Dok II, Depan Kantor Balai Pusat Statistik, Depan Polsek Jayapura Selatan hingga PTC, Depan Dealer Daihatsu Entrop, seputaran SMU 4, Pasar Youtefa Kotaraja, dan Organda Padang Bulan.

"Hingga saat ini, Polri dan TNI beserta Basarnas dan BPBD serta Instansi terkait masih di lapangan guna melakukan evakuasi dan memberikan pertolongan kepada para korban yang tertimpa banjir di wilayah kota Jayapura," tutupnya.

(nvl/nvl)