Kazakhstan Ricuh, Ketum PKB Minta Pemerintah Jamin Keselamatan WNI

Nada Zeitalini Arani - detikNews
Jumat, 07 Jan 2022 13:29 WIB
Muhaimin Iskandar
Foto: PKB
Jakarta -

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar meminta pemerintah menjamin dan memastikan keselamatan warga negara Indonesia (WNI) di Kazakhstan. Seperti diketahui saat ini terjadi kerusuhan besar yang pecah di kota-kota seluruh Kazakhstan sejak Rabu, 5 Januari 2022.

"Saya minta pemerintah menjamin keselamatan dan keamanan saudara-saudara kita di Kazakhstan. Sebisa mungkin upayakan mereka kembali ke Indonesia dengan selamat," katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (7/1/2022).

Di sisi lain, Wakil Ketua DPR RI ini juga mengaku prihatin dengan kerusuhan besar di Kazakhstan. Padahal selama ini Kazakhstan dipandang sebagai salah satu republik pecahan Uni Soviet yang paling stabil di Asia Tengah.

"Saya turut prihatin dan mari kita doakan bersama kerusuhan di Kazakhstan bisa segera usai," tutur Gus Muhaimin, sapannya.

Sayangnya negara dengan kekayaan energi ini tengah menghadapi krisis terbesarnya dalam beberapa dasawarsa. Kerusuhan besar-besaran itu terjadi pemerintah mencabut kontrol harga pada bahan bakar di awal tahun yang berimbas pada kenaikan harga yang drastis.

Kondisi ini memantik kemarahan warga Kazakhstan atas kenaikan harga bahan bakar dan menyerbu gedung-gedung pemerintah. Akibat kerusuhan memanas tersebut, Kementerian Kesehatan Kazakhstan pada Kamis, 6 Januari 2022 kemarin mencatat lebih dari 1.000 orang terluka akibat kerusuhan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir.

(ncm/ega)