Kominfo Ikut Telusuri Dugaan Data Pasien COVID Bocor-Dijual di Forum Gelap

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 06 Jan 2022 22:07 WIB
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta -

Data pasien COVID-19 milik Kemenkes RI diduga bocor dan dijual di situs gelap Reddit. Menteri Kominfo, Johny G Plate telah memerintahkan jajaran menelusuri dugaan kebocoran data tersebut.

"Merespon pemberitaan yang beredar terkait dugaan kebocoran data pasien yang dikelola oleh Kementerian Kesehatan, Menteri Kominfo telah memerintahkan jajaran terkait untuk berkomunikasi secara intensif dengan Kementerian Kesehatan dan memulai proses penelusuran lebih lanjut sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Juru Bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi, dalam keterangannya, Kamis (6/1/2022).

Dedy mengatakan pihaknya bersama Kementerian Kesehatan juga telah melakukan langkah internal merespons dugaan kebocoran data tersebut. Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), kata dia, juga dilibatkan menelusuri dugaan tersebut.

"Kementerian Kesehatan juga tengah melakukan langkah-langkah internal merespon dugaan kebocoran yang terjadi, termasuk salah satunya melakukan koordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)," ucapnya.

Kementerian Kominfo juga berharap seluruh penyelenggara sistem elektronik (PSE) baik publik atau privat mengelola data dengan baik dan serius. Menurutnya, aspek teknologi, tata kelola, hingga SDM harus diperhatikan dengan baik.

"Kementerian Kominfo meminta seluruh penyelenggara sistem elektronik (PSE) baik publik maupun privat yang mengelola data pribadi untuk secara serius memerhatikan kelayakan dan keandalan pemrosesan data pribadi yang dilakukan oleh PSE terkait baik dari aspek teknologi, tata kelola, dan sumber daya manusia," ujarnya.

Untuk diketahui, data pasien COVID-19 milik Kemenkes RI diduga bocor. Data tersebut bocor dan dijual di forum gelap pada situs Reddit.

Salah seorang pengguna Twitter, @ibnux, mengunggah tangkapan layar forum gelap dalam website Reddit tersebut. Dilihat detikcom, Kamis (6/1/2022), tampak akun dalam forum gelap tersebut menulis 'New database breach at Kemenkes?'.

Tertera keterangan 720 GB database dan 6 juta database beserta hasil ECG lab dan radiologi yang sudah di-scan milik pasien. Kemudian tertera juga keterangan 'Warning sample contain extreme NSFW medical image procces at your risk'.

Juru bicara vaksinasi COVID-19 Kemenkes RI Siti Nadia Tarmizi merespons. Dia mengatakan info tersebut sedang ditelusuri. "Masih ditelusuri," kata Siti saat dimintai konfirmasi, Kamis (6/1/2022).

(maa/haf)