Jokowi Terima Nama Calon Anggota KPU-Bawaslu, Selanjutnya Dikirim ke DPR

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Kamis, 06 Jan 2022 14:54 WIB
Presiden Jokowi Bertemu Timsel calon anggota KPU dan Bawaslu
Presiden Jokowi Bertemu Timsel calon anggota KPU dan Bawaslu (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima tim seleksi (timsel) calon anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027. Timsel melaporkan proses seleksi sampai terpilihnya sejumlah nama.

"Kami tadi melaporkan mengenai proses seleksi selama 3 bulan, mulai dari pengumuman pendaftaran, penerimaan pendaftaran, seleksi administrasi, tes tertulis, tes psikologi, tes kesehatan, wawancara. Kemudian juga profiling atau rekam jejak dari setiap bakal calon dan tadi kami sudah menyampaikan nama-nama yang sudah kami putuskan melalui rapat pleno tim seleksi hari kemarin tanggal 5 Januari 2022," kata Ketua Tim Seleksi, Juri Ardiantoro, dalam akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (6/1/2021).

Juri menjelaskan Presiden selanjutnya akan menyerahkan nama-nama tersebut ke DPR. Setelah itu, DPR akan memilih setengah dari nama-nama yang diserahkan Presiden.

"Selanjutnya presiden nanti akan menyampaikan nama-nama yang sudah kami putuskan dan kami sampaikan kepada presiden untuk diserahkan kepada DPR RI. Dan DPR RI nanti akan melakukan fit and proper tes 14 nama calon KPU dan 10 calon Bawaslu dan nanti akan dipilih setengah dari calon yang sudah diajukan oleh bapak presiden," ujar Juri.

Juri mengatakan 14 nama calon anggota KPU dan 10 calon anggota Bawaslu sudah dipertimbangkan dari berbagai aspek. Dia berharap ke depannya KPU dan Bawaslu semakin kuat.

"Kami sangat berharap nama-nama ini jika dipilih akan semakin memperkuat kelembagaan KPU, semakin menjadikan penyelenggara pemilu dan pemilunya sebagai sarana untuk memperkuat dan memperbaiki demokrasi kita. Dan tentu saja kami berharap nama-nama yang kami putuskan akan membawa pemilu ke depan akan semakin baik," ujar Juri.

Berikut keempat belas nama calon anggota KPU:

1. August Mellaz;
2. Betty Epsilon Idroos;
3. Dahliah;
4. Hasyim Asy'ari;
5. I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi;
6. Idham Holik;
7. Iffa Rosita;
8. Iwan Rompo Banne;
9. Mochammad Afifuddin;
10. Muchamad Ali Safa'at;
11. Parsadaan Harahap;
12. Viryan;
13. Yessy Yatty Momongan; dan
14. Yulianto Sudrajat.

Sedangkan 10 calon anggota Bawaslu sebagai berikut:

1. Aditya Perdana;
2. Andi Tenri Sompa;
3. Fritz Edward Siregar;
4. Herwyn Jefler Hielsa Malonda;
5. Lolly Suhenty;
6. Mardiana Rusli;
7. Puadi;
8. Rahmat Bagja;
9. Subair; dan
10. Totok Hariyono.

(knv/tor)