Pria Pemerkosa Anak Tiri di Palopo Saat Istri ke Luar Rumah Serahkan Diri

Muhammad Riyas - detikNews
Rabu, 05 Jan 2022 18:20 WIB
Poster
Ilustrasi penangkapan (Foto: Edi Wahyono)
Palopo -

Pria berinisial F (29), pelaku pemerkosaan terhadap anak tirinya yang berusia 14 tahun, di Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), akhirnya menyerahkan diri usai sempat melarikan diri. Pelaku menyerahkan diri ke Polres Toraja Utara.

Kapolsek Telluwanua AKP Edy Sulistyono mengungkap bahwa pelaku menyerahkan diri ke Polres Toraja Utara, pada Selasa (4/1) kemarin. Pelaku lalu dibawa ke Mapolsek Telluwanua, Palopo, pada sore harinya.

"Dia menyerahkan diri Selasa kemarin di Polres Toraja Utara, terus dijemput sore dibawa ke Mapolsek Telluwanua untuk penyidikan lebih lanjut," kata Edy kepada wartawan, Rabu (5/1/2022).

Edy menyebut sebelumnya sudah mengamankan sejumlah barang bukti mulai dari seprai hingga pakaian. Atas perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 81 ayat (1) dan ayat (3) UUD 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Perempuan dan Anak.

Berdasarkan pengakuan pelaku, dirinya memilih menyerahkan diri ke polisi karena dihantui rasa bersalah dan terpikir orang tuanya gara-gara ulah bejat yang dilakukan terhadap anak tirinya.

Seperti diketahui, remaja putri berusia 14 tahun di Kota Palopo, Sulsel, diperkosa saat ditinggal ibu kandungnya beribadah ke gereja. Pemerkosaan dilakukan oleh ayah tiri korban yang sedang mabuk.

Pemerkosaan tersebut dilakukan pada Minggu (2/1) sekitar pukul 07.00 Wita. Saat itu sang ibu sedang beribadah ke gereja dan korban masih tertidur di rumah.

"Perbuatan bejat tersebut dilakukan pagi hari oleh pelaku di kediamannya sendiri saat korban masih tertidur di dalam kamarnya," kata Kapolsek Telluwanua, Palopo, AKP Edy Sulistyono saat dimintai konfirmasi, Selasa (4/1).

"Dan saat itu rumah dalam keadaan sepi ditinggalkan (ibu korban) ke gereja untuk melakukan ibadah," lanjut Edy.

Korban sempat melakukan perlawanan, tapi tak ada warga yang menolong. Rumah korban jauh dari rumah warga yang lainnya.

(fas/fas)