ADVERTISEMENT

#detiktif

Terekam CCTV, Ini Momen Ancilla Datang-Pergi dari Lokasi Meditation Camp

Khairul Ma'arif - detikNews
Rabu, 05 Jan 2022 15:56 WIB
Rekaman CCTV Ancilla.
Rekaman CCTV kedatangan Ancilla. (dok. Vihara Siddharta Tangsel)
Jakarta -

Ancilla Irish Gabriella (25), peserta meditation camp yang hilang, hingga kini belum ditemukan. Terakhir kali Ancilla berada di Vihara Siddharta, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), lokasi kegiatan pada 21 Desember 2021.

detikcom mendapat rekaman CCTV runutan kedatangan Ancilla dari pihak Vihara Siddharta. Dalam rekaman juga terlihat Ancilla pergi meninggalkan Vihara.

Dilihat detikcom, Rabu (5/1/2022), dalam CCTV tersebut terlihat Ancilla tiba diboncengkan oleh petugas dari pihak Vihara menggunakan sepeda motor. Terlihat Ancilla menenteng tas berwarna hitam di tangan kanannya.

Saat tiba, ia menuju ruangan sambil menenteng koper berwarna kuning keemasan. Setelah itu, Ancilla diantar oleh seorang petugas menuju kamar tidurnya.

Dalam rekaman ini terlihat koper Ancilla dibawakan oleh petugas yang memakai baju berwarna merah. Ancilla memegangi payung karena saat itu kondisi gerimis.

Kamar tidur Ancilla terletak di belakang Vihara Siddharta. Terlihat dalam CCTV, Ancilla memasuki kamarnya sekitar pukul 14.58 WIB.

Setelah itu, berselang sekitar 30 menit, terlihat Ancilla keluar dari gedung yang menjadi kamar tidurnya. Dalam CCTV tercantum waktu keluarnya Ancilla adalah pukul 15.25 WIB.

Rekaman CCTV Ancilla.Rekaman CCTV Ancilla meninggalkan vihara. (Foto: dok. Vihara Siddharta Tangsel)

Saat detik-detik keluar, terlihat Ancilla menggunakan pakaian serbahitam dan memakai masker berwarna putih. Terlihat Ancilla ke luar sambil menelepon seseorang lewat handphone-nya.

Dalam CCTV terekam Ancilla pergi dari Vihara Siddharta melalui pintu samping, sehingga tidak terlihat oleh petugas Vihara.

Pada potongan CCTV terakhir, Ancilla tampak berjalan saat hendak ke luar Vihara. Selain itu, saat hendak menjauh dari Vihara, dia juga terlihat berjalan.

Setelah itu, dalam CCTV tidak terekam Ancilla pergi dari Vihara ini tetap berjalan kaki atau menaiki kendaraan. Perwakilan Vihara Siddharta, Samatha Putra, mengatakan Ancilla kabur sebelum kegiatan meditation camp ini dimulai.

"Tanggal 21 Desember 2021 udah datang (Ancilla) tapi mulainya tanggal 23 Desember. Jadi tanggal 21 dia datang. Setelah itu, dia sempat izin katanya mau ke warung buat beli perlengkapan mandi. Terus kita nanya, kok beli lagi perlengkapan mandi, kita kan udah nyediain perlengkapan mandi? Iya, ada yang kurang," kata Samatha kepada detikcom saat ditemui di Vihara Siddharta, Kamis (30/12/2021).

Samatha mengaku, karena Ancilla sudah dewasa, mungkin ada perlengkapan yang memang kurang. Tidak ada satu pun kecurigaan darinya.

"Ya kita berpikirnya dia anak wanita dan udah dewasa, 25 tahun, mungkin lagi datang bulan atau apa kita tidak tahu ya, akhirnya nggak apa-apa, toh acara belum mulai gitu. Dan memang dia harusnya tahu tanggal 23 baru mulai acaranya seperti itu karena panitia dan peserta lain datang pas tanggal 23 seperti itu," tambahnya.

Dia juga menjelaskan sebenarnya kegiatan ini bukan meditation camp, melainkan kegiatan pabbajja samanera dan atthasila.

"Ini bukan meditational camp, sebenarnya pabbajja samanera dan atthasila (pendidikan untuk menjalani latihan spiritual kehidupan suci praktik ajaran Buddha)," bebernya.

Sebelumnya, Ancilla dikabarkan menghilang sejak 23 Desember 2021. Hilangnya perempuan 25 tahun ini dikabarkan langsung oleh pihak keluarga.

Menurut keluarga, Ancilla menghilang setelah melakukan meditation camp di Vihara Siddharta. Kabar hilangnya Ancilla beredar luas di media sosial.

Informasi tersebut disampaikan akun Twitter @lxqngg seperti dilihat detikcom, Kamis (30/12/2021). Pihak keluarga, yang berdomisili di Jakarta Utara, telah mengizinkan tweet tersebut dikutip detikcom.

"Terakhir terlihat di vihara daerah Alam Sutera Tangsel jam 15.25 WIB. Baru dapat kabar Cici nggak di Vihara tanggal 23 Desember. Pergi dijemput orang tidak dikenal dengan mobil seperti Avanza/Innova warna hitam/abu-abu, dari CCTV kurang jelas," ujarnya.


#detiktif adalah program jurnalisme kolaboratif yang melibatkan peran serta pembaca detikcom atau detikers. Pembaca bisa terlibat aktif memberikan informasi suatu isu yang sedang diberitakan #detiktif. Anda yang punya informasi terkait pemberitaan #detiktif bisa berbagi informasi ke redaksi@detikcom dengan subjek "[detiktif] orang hilang". Sertakan nomor telepon yang bisa dihubungi untuk keperluan verifikasi.

Simak juga 'Terekam CCTV! Pemobil Diduga Tenteng Pistol Usai Tabrak Motor di Tangsel':

[Gambas:Video 20detik]



(idh/tor)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT