Bambang Pamungkas Diperiksa soal Kasus Penelantaran Anak Pekan Depan

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 05 Jan 2022 11:00 WIB
Bambang Pamungkas Ternyata Foodies, Hobi Masak dan Makan Enak
Bambang Pamungkas (Foto: Instagram bepe20/YouTube BEPE20)
Jakarta -

Kasus penelantaran anak dengan terlapor eks pemain sepakbola Bambang Pamungkas masih diusut penyidik Polda Metro Jaya. Bambang Pamungkas rencananya bakal diperiksa polisi pekan depan.

"Bambang Pamungkas akan diagendakan pemanggilan pemeriksaan yang akan dilakukan minggu depan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (4/1/2022).

Dalam kasus penelantaran anak ini, Bambang Pamungkas dilaporkan oleh Amalia Fujiawati. Zulpan menyebut kasus itu masih dalam tahap penyelidikan dan pemeriksaan saksi-saksi.

"Terkait dengan kasus penelantaran anak yang dilaporkan mantan istri Bambang Pamungkas, kasusnya masih dalam pemeriksaan," jelas Zulpan.

Bambang Pamungkas dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Amalia pada Kamis (2/12/2021). Dia dilaporkan atas dugaan penelantaran anak.

Bambang dilaporkan atas dugaan pelanggaran Pasal 76 B juncto Pasal 77 B UU Perlindungan Anak. Dia terancam hukuman 5 tahun penjara dan denda Rp 100 juta.

Pada Senin (3/1) penyidik pun telah memeriksa anak pertama Bepe yang bernama Jane Abell (21). Jane diperiksa sebagai saksi.

"Tadi diperiksa sampai jam 13.00 WIB. Materi tentang kebenaran pernikahan antara ayah dan bunda terus benarkan ada anak Anjani dan adik cowok. Sekitar itu saja," kata Jane di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (3/1).

Jane Abell hadir sebagai saksi pelapor. Jane merupakan anak pertama dari istri pertama Bambang Pamungkas.

Jane mengaku tidak ada bukti baru yang diberikan kepada penyidik terkait pemeriksaannya hari ini. Dia hanya memberikan keterangan perihal pernikahan yang dilakukan Bambang Pamungkas dengan pelapor serta dua orang anak yang dihasilkan dari pernikahan tersebut.

Menurut Jane, keterangannya bakal memperkuat dugaan tindakan penelantaran anak yang telah dilakukan oleh Bambang Pamungkas.

"Jadi membenarkan adanya pernikahan tentang anak sama seperti sidang kemarin. Jadi perkuat dugaan penelantaran yang dilakukan Bepe supaya nanti bisa dibandingkan dengan jawaban beliau gimana," katanya.

Lebih lanjut Jane Abell berharap Bambang Pamungkas bersikap dewasa. Dia meminta mantan pemain sepakbola itu melaksanakan tugasnya sebagai seorang ayah.

"Kalau saya sendiri berharapnya Ayah bisa memenuhi, bisa melaksanakan tugasnya seorang ayah kepada adik-adik saya. Ya bisa segera menyelesaikan masalah ini yang sebenarnya ini bukan masalah gitu. Ini cuma hal yang sudah umum seorang orang tua memberikan hak, memberikan nafkah, kasih sayang, apa yang diperlukan oleh anak-anak, gitu," terang Jane.

Redaksi menghilangkan kata 'Mantan Suami/Istri' dalam pemberitaan setelah redaksi mendapatkan surat koreksi dari pengacara Bambang Pamungkas.

(ygs/isa)