Riza-Airin-Sahroni Mencuat Jadi Calon Pengganti Anies, Siapa Paling Unggul?

Farih Maulana Sidik - detikNews
Rabu, 05 Jan 2022 07:14 WIB
Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno (Dok Adi Prayitno)
Foto: Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno (Dok Adi Prayitno)
Jakarta -

Nama Ahmad Riza Patria, Airin Rachmy Diani, hingga Ahmad Sahroni mencuat terkait bursa Pilgub DKI Jakarta 2024 seiring masa jabatan Gubernur Anies Baswedan yang segera habis. Lantas siapa yang dinilai paling unggul untuk menggantikan Anies?

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, menilai di antara nama-nama yang muncul, Riza Patria adalah yang paling diunggulkan. Sebab, posisi Riza sebagai Wagub DKI telah banyak dikenal warga Jakarta.

"Riza Patria paling diunggulkan, baik dari dukungan partai, popularitas, dan elektabilitas. Posisi Riza sebagai wagub dalam banyak hal sudah dikenal warga Jakarta dan kinerjanya pun bisa dinilai selama jadi orang nomor dua di Jakarta," kata Adi kepada wartawan, Selasa (4/1/2021).

Untuk Airin, Adi menyebut sosoknya tak terkenal di Jakarta karena kinerjanya dinilai tak terlalu bagus saat menjabat Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Selain itu, Airin tak diunggulkan karena harus berebut tiket di internal Partai Golkar dengan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar yang juga Ketua DPD Golkar DKI.

"Sementara Airin di Tangsel tak terlampau bagus kinerjanya, termasuk penerimaan terhadap calon perempuan agak rendah di kalangan masyarakat," ucapnya.

Sedangkan Ahmad Sahroni, tak menjadi unggulan karena namanya baru-baru ini muncul di Jakarta setelah ditunjuk jadi Organizing Committee (OC) Formula E. Oleh sebab itu, Adi menyebut Riza Patria kini unggulan menjadi pengganti Anies.

"Sahroni juga baru-baru ini saja namanya muncul karena Formula E. Pilkada 2024 memang masih lama, tapi kalau dilihat peta saat ini Riza lebih diunggulkan," ujarnya.

Mencuatnya Nama Calon Pengganti Anies

Diketahui sebelumnya, bursa Pilgub DKI Jakarta 2024 menggeliat seiring masa jabatan Gubernur Anies Baswedan yang segera habis. Isu ini menghangat setelah Penasihat Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta melontarkan 3 nama calon pengganti Anies. Bursa cagub DKI makin panas karena NasDem sudah punya jagoan sendiri.

Anies Baswedan bakal mengakhiri masa jabatan sebagai Gubernur DKI Jakarta pada Oktober 2022. Belum tahu pasti ke mana arah politik Anies Baswedan selepas jadi DKI-1. Anies digadang-gadang bakal maju Pilpres 2024, di mana nama mantan Mendikbud ini selalu muncul dalam 3 besar kandidat capres 2024 dengan elektabilitas kuat.

Simak Video: Isu Riza-Airin Jadi Penerus Anies, Dasco: Bukan Sikap Resmi Gerindra

[Gambas:Video 20detik]