KSAU Temui Chief RSAF-Menhan Singapura, Bahas Kerja Sama Pertahanan

Jabbar Ramdhani - detikNews
Selasa, 04 Jan 2022 23:52 WIB
KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo bertemu Menhan Singapura HE Dr Ng Eng Hen hingga Chief of RSAF. Dalam pertemuan dibahas kerja sama pertahanan kedua negara. (dok Dispenau)
KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo bertemu Menhan Singapura HE Dr Ng Eng Hen (dok Dispenau)
Jakarta -

Hari kedua lawatan ke Singapura, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo bertemu dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Singapura HE Dr Ng Eng Hen. Dalam pertemuan itu, dibahas kerja sama pertahanan kedua negara.

Berdasarkan keterangan Dinas Penerangan TNI AU (Dispenau), pertemuan terjadi di kompleks Mindef Singapura pada Selasa (4/1/2022).

Kedua pejabat sangat terkesan oleh kegiatan The rising 50 sebagai simbol peringatan 50 tahun hubungan bilateral RI dan Singapura dan 40 tahun hubungan bilateral TNI AU dan RSAF.

Marsekal Fadjar menyampaikan ucapan terima kasih kepada Menhan Singapura atas undangannya. Dia menganggap hal itu sebagai simbol eratnya persahabatan dan kerja sama kedua negara.

Dia juga mengapresiasi pemerintah dan AU Singapura yang telah banyak mendukung Indonesia dalam misi-misi kemanusiaan. Khususnya atas bantuan Singapura dalam memberikan bantuan dan dukungan pada saat kedua negara sedang bersama-sama mengatasi pandemi COVID-19.

"Terima kasih atas pertemuan ini, kami akan terus menjaga komitmen untuk terus meningkatkan kerja sama dan persahabatan, baik kedua negara maupun kedua Angkatan Udara," katanya.

Dalam pertemuan ini, KSAU didampingi Asintel Kasau Marsda TNI I Wayan Sulaba dan Athan RI di Singapura Kolonel Pnb Ahmad Zaelani.

Bertemu CAF Singapura

Sebelum bertemu Menhan Singapura, Marsekal Fadjar menemui Chief of Armed Force Singapura Letjen Melvyn Ong di lokasi yang sama. Marsekal Fadjar menegaskan Singapura adalah negara pertama yang dikunjungi dalam kegiatan bilateral visit sebagai KSAU.

KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo bertemu Menhan Singapura HE Dr Ng Eng Hen hingga Chief of RSAF. Dalam pertemuan dibahas kerja sama pertahanan kedua negara. (dok Dispenau)KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo bertemu Chief of Armed Force Singapura Letjen Melvyn Ong (dok Dispenau)

"Bagi kami, Singapura adalah negara tetangga dan sahabat yang baik, dan ini menjadi komitmen dan alasan kami berkunjung ke Singapura," ujarnya.

Dia menginformasikan tim aerobatik TNI AU, Jupiter Aerobatic Team (JAT) akan berpartisipasi pada ajang Singapore Air Show (SAS) pada Februari 2022.

"Sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi TNI AU dapat ambil bagian pada event air show yang punya reputasi dan diakui dunia," ungkapnya.

Bahas Kerja Sama dengan Chief of RSAF

Marsekal Fadjar juga melakukan pertemuan bilateral dengan Chief Of The Republic of Singapore Air Force (Kepala Angkatan Udara Singapura/RSAF) Major General Kelvin Khong. Pertemuan digelar di markas besar RSAF, Senin (3/1).

Kepada Chief of RSAF, KSAU mengatakan Angkatan Udara Singapura adalah mitra penting TNI AU di kawasan.

"Singapura adalah negara tetangga yang sangat baik. Selain itu, Angkatan Udara Republik Singapura adalah mitra penting kami di kawasan, dalam rangka bersama-sama menjaga stabilitas keamanan dan perdamaian di kawasan," ungkap Marsekal Fadjar.

Dia menyampaikan berbagai kerja sama yang telah terjalin dengan baik selama ini, baik antar kedua angkatan udara maupun antar negara. Dia berharap hubungan baik ini tetap terpelihara dan semakin solid untuk kemajuan bersama.

KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo bertemu Menhan Singapura HE Dr Ng Eng Hen hingga Chief of RSAF. Dalam pertemuan dibahas kerja sama pertahanan kedua negara. (dok Dispenau)KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo bertemu Chief Of The Republic of Singapore Air Force (Kepala Angkatan Udara Singapura/RSAF) Major General Kelvin Khong (dok Dispenau)

Dia turut menyampaikan terima kasih kepada Chief of RSAF atas segala bantuan dan kontribusi pemerintah Singapura dan RSAF dalam membantu dan mendukung Indonesia dalam misi-misi kemanusiaan, termasuk pada saat kedua negara sedang mengatasi pandemi COVID-19.

Kedua pimpinan Angkatan Udara juga membahas sejumlah agenda kerja sama militer.

Turut mendampingi KSAU saat kunjungan ini, Asintel Kasau, Marsda TNI I Wayan Sulaba, dan Atase Pertahanan RI di Singapura, Kolonel Ahmad Zaelani.

Sementara pejabat RSAF yang hadir, diantaranya Atase Pertahanan, Kol Nicholas Lim, Atase Udara, Letnan Kolonel Davis Lee, dan sejumlah personel Departemen Intelijen Udara Singapura.

(jbr/maa)