Massa Bakar Atribut, Ketua DPD Demokrat NTT Terpilih Bela AHY

Gibran - detikNews
Selasa, 04 Jan 2022 16:55 WIB
Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengangkat Rinto Subekti jadi Ketua DPD Partai Demokrat Jateng. Hal itu ditetapkan usai Uji Kelayakan dan Kepatutan atau fit and proper test kepada calon tunggal hasil Musda DPD Jawa Tengah.
Ketum Demokrat AHY (Dok. Partai Demokrat)
Jakarta -

Demokrat NTT dilanda kisruh usai pengumuman Ketua DPD terpilih atas nama Leonardus Lelo. Leo membela Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan meminta sang Ketum Demokrat tidak disalahkan.

"Sejak awal, kami semua, para pengurus dan kader Demokrat NTT, sepakat untuk menghormati apa pun keputusan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dalam memutuskan siapa yang menjadi Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi NTT Periode 2021-2026, dari dua kader terbaik yang diusulkan di Musda beberapa waktu lalu," kata Leo dalam keterangan yang dikirimkan Kabakomstra DPP PD Herzaky Mahendra Putra, Selasa (4/1/20221).

Leo menjelaskan Musda Demokrat sudah digelar pertengahan Oktober 2021 kemarin. Selain dirinya, calon ketua DPD Demokrat NTT lainnya ialah Jefri Riwu Kore dan mereka berdua diuji oleh Tim 3 DPP Demokrat yang diketuai AHY. Hasil uji kelayakan tersebut baru keluar malam tadi.

Leo menegaskan AHY sudah mengkaji secara matang uji kelayakan calon ketua Demokrat NTT. Dia menegaskan keputusan AHY sudah yang terbaik.

"Kalau ada sebagian kecil pihak pendukung yang tidak senang, itu kami anggap sebagai riak-riak demokrasi. Kami hormati. Tapi kami ingatkan untuk tidak merusak ruang demokrasi yang sudah diberikan oleh Ketum AHY. Jangan bawa-bawa Ketum AHY, ini adalah masalah lokal Demokrat NTT saja. Maka kita semua perlu bergandengan tangan kembali," ujar Leo.

Leo selaku Ketua DPD Demokrat NTT terpilih mengajak Jefri Riwu Kore untuk ikut bergabung di kepengurusan DPD Partai Demokrat Provinsi NTT. Meski demikian, dia mendengar kabar Jefri bakal ditarik ke kepengurusan DPP.

"Meski santer terdengar, Ketum AHY akan memberikan tempat terhormat di DPP Partai Demokrat atas prestasi Bapak Jefri. Sebagian kalangan memang berharap Bapak Jefri bisa lebih memberikan kontribusi di pentas nasional, tidak hanya lingkup NTT saja. Tapi saya berharap Bapak Jefri berkenan untuk juga membantunya di NTT, baik duduk dalam struktur maupun dalam bentuk sumbangan gagasan dan pemikiran," ujarnya.

Leo juga mengajak segenap kader Partai Demokrat di NTT menjaga kekompakan dan soliditas. Leo ingin kerja-kerja AHY diteruskan.

"Terakhir, mari kita teruskan program pro rakyat yang selama ini menjadi prioritas Ketum AHY dan Partai Demokrat. Bagi Demokrat, harapan rakyat adalah perjuangan Demokrat," kata Leo.

Simak juga 'Kuasa Hukum Demokrat Yakin Gugatan AD/ART PD Ditolak PTUN':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/tor)