Kilas Balik Anies Makan di Warteg saat Kampanye hingga Berujung Jadi Meme

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 04 Jan 2022 14:52 WIB
Momen Anies makan di warteg di kawasan Ancol.
Momen Anies makan di warteg di kawasan Ancol. (Foto: Dok. Akun Medsos Anies Baswedan)
Jakarta -

Momen Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat makan di warteg sempat jadi meme. Hingga saat ini meme Anies itu masih ramai di media sosial.

Potret meme Anies makan di warteg itu diambil pada 2016. Kala itu Anies masih berkampanye untuk pemilihan kursi DKI-1. Begini kilas balik Anies makan warteg, jadi meme, dan kini nostalgia seperti dirangkum detikcom, Selasa (4/1/2022).

Saat kampanye di kawasan Jakarta Utara, Anies menyempatkan diri makan siang di Kampung Muka. Dia mampir di warteg milik warga sekitar.

Anies memesan nasi dengan lauk rendang, orek tempe basah, orek tempe kering, kerupuk, dan siraman kuah sayur. Tak lupa minum, Anies memesan teh manis hangat.

Di sela-sela makan siangnya, Anies sesekali mengobrol dengan pemilik warteg, Bu Eriya. Anies tampak lahap menyantap makanannya.

Setahun kemudian, momen Anies makan di warteg itu viral. Netizen merespons ekspresi Anies saat sedang menyantap makanan.

"Lagi enak makan, kegigit lengkuas," cuit salah satu netizen.

Momen Anies makan di warteg di kawasan Ancol.Momen Anies makan di warteg di kawasan Ancol viral di medsos. (Foto: Dok. Akun Medsos Anies Baswedan)

Foto Anies makan di warteg itu viral lagi pada pertengahan Juli 2021. Kala itu pemerintah membuat kebijakan durasi makan di warteg dengan batas waktu 20 menit.

Netizen kembali menggunakan foto Anies saat kampanye 2016. Foto itu diedit dengan gambar seorang wanita sambil meniup peluit.

"Pak Anies, waktu bapak untuk menghabiskan makanan sisa 9 menit 8 detik!" cuit salah seorang netizen.

Anies pun merespons cuitan tersebut. "Bisa! Insya Allah," sahut Anies lewat akun Twitternya.

Baru-baru ini, Anies bernostalgia dengan warteg itu. Dia kembali datang ke warteg di kawasan Ancol, Jakarta Utara, tersebut untuk makan siang.

"Alhamdulillah, dapat kembali mampir makan siang di warteg tempat lahirnya meme legendaris ini. Warteg Peong terletak di dalam gang Kampung Muka RW 04, Ancol, Pademangan," ucap Anies dalam unggahannya.

Anies mengunggah momen itu lengkap dengan meme legendaris yang dimaksud. Dalam deskripsinya, Anies menyebutkan lauk pauk yang disantap.

"Kemarin makan siang lagi di sini, memesan telur balado yang dicampur dengan siraman orek tempe basah, TANPA LENGKUAS," tulis Anies.

Dia menceritakan cita rasa makanan di warteg itu tidak berubah. Anies mengatakan kualitas masakan di Warteg Peong terjamin sejak 2009.

"Hingga saat ini tidak ada yang berubah. Tak heran dalam sehari Pak Rohaedy bisa melayani hingga ratusan pelanggan di warungnya. Ini mungkin merupakan kunjungan kedua saya di Warteg Peong tetapi cita rasa masakannya akan selalu dirindukan," imbuh Anies.

Simak juga 'Giring Singgung Indeks Kebahagiaan Warga DKI Turun, Sindir Anies?':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/gbr)