NasDem Jagokan OC Formula E Ahmad Sahroni Gubernur Pengganti Anies

Mochamad Zhacky - detikNews
Selasa, 04 Jan 2022 14:22 WIB
Anggota Komisi III DPR Ahmad Sahroni (IST)
Foto: Ahmad Sahroni (IST)
Jakarta -

Jika Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) mendoakan Ahmad Riza Patria jadi pengganti Anies di posisi Gubernur DKI Jakarta, Partai NasDem punya jagoan lain. NasDem memilih kadernya sendiri, Ahmad Sahroni untuk maju di Pilgub DKI 2024.

"Jadi secara formal belum. Tapi, hampir semua arah pimpinan NasDem itu ya ke Sahroni. Dari semua memantaskan Sahroni, Ahmad Sahroni," kata Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Jawa 1 DPP NasDem Effendy Choirie saat berbincang dengan detikcom, Selasa (4/1/2022).

Namun demikian, NasDem memerlukan dukungan setidaknya 2 partai lagi di DPRD DKI untuk dapat mengusung calon gubernur dan calon wakil gubernur. Terlepas dari kondisi tersebut, Effendy menegaskan bahwa pimpinan NasDem di pusat dan di DKI mendukung Sahroni yang kini mengemban tugas sebagai OC Formula E untuk maju di Pilgub 2024.

"Jadi tinggal soal tambahan partai, karena NasDem kan hanya 7 (kursi), jadi kurang," terangnya.

"Terlepas soal Ahmad Sahroni itu minat apa nggak, tapi semua pimpinan, hampir semua, baik DKI maupun pusat, itu memantaskan Sahroni untuk maju sebagai gubernur," imbuh Effendy.

Effendy ChoirieFoto: Effendy Choirie (Foto: Ari Saputra/detikcom)

Lebih jauh Effendy menjelaskan kelebihan yang dimiliki Sahroni. Menurut politisi yang kerap disapa Gus Choi itu, Sahroni merupakan seorang politisi yang dermawan dan memiliki kelebihan finansial.

"Nah kenapa kita memantaskan? Pertama, figur Sahroni menarik, muda, ngetren, punya duit, komunikasinya baik dengan semua pihak, merakyat, dia dermawan orangnya. Inilah, semua sudah cukup," kata Gus Choi.

"Jadi sudah memenuhi syarat, tinggal soal tambahan kecukupan partai saja. Semuanya cukup lah dia, nggak usah ngutang-ngutang, nggak usah cari bohir," sambung dia.

Sahroni saat ini adalah Bendahara Umum DPP NasDem. Wakil Ketua Komisi III DPR RI itu juga dikenal sebagai 'crazy rich' Tanjung Priok.

Diberitakan sebelumnya, nama-nama yang digadang-gadang bakal menjadi calon Gubernur DKI di Pilgub 2024 mulai berembus. Setidaknya ada 3 nama yang mencuat, yakni Wakil Gubernur DKI saat ini Ahmad Riza Patria, mantan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmy Diani dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Ketiga nama itu dilontarkan oleh Wakil Ketua DPRD DKI dari Fraksi Gerindra M Taufik. Namun, DPP Gerindra menekankan bahwa pernyataan Taufik bukan sikap resmi partai.

Simak Video 'Isu Riza-Airin Jadi Penerus Anies, Dasco: Bukan Sikap Resmi Gerindra':

[Gambas:Video 20detik]



(zak/gbr)