detikcom Do Your Magic

detikcom Do Your Magic: Akhirnya! Traffic Light Simpang JICT Sudah Dipasang!

Arief Ikhsanudin - detikNews
Selasa, 04 Jan 2022 12:53 WIB
Simpang JICT Jakarta Utara tanpa lampu lalu lintas atau traffc light.
Simpang JICT sebelum traffic light dipasang (Syahidah Izzata Sabiila/detikcom).
Jakarta - Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyampaikan traffic light atau lampu lalu lintas telah dipasang di simpang Jakarta International Container Terminal (JICT), Tanjung Priok, Jakarta Utara. Sehingga, ada rambu yang mengatur persimpangan yang ramai dengan truk tersebut.

"Sudah tanggal 20 Desember (terpasang)," kata Kepala Unit Pelayanan Sarana dan Prasarana Lalu Lintas (UP SPLL) Dinas Perhubungan DKI Jakarta Emanuel Kristanto, saat dihubungi, Selasa (4/1/2021).

Meski sudah terpasang, Emanuel menyebut tim nya masih memantau operasi traffic light tersebut. Sehingga, traffic light beroperasi sesuai kondisi lalu lintas di simpang JICT.

"Cuma masih perlu penyesuaian setting yang benar-benar pas dengan volume lalu lintas yang ada. Untuk menyesuaikan settingan," katanya.

Sebelumnya, sudah beberapa tahun, perempatan JICT tidak memiliki lampu lalu lintas. Padahal, simpang atau perempatan itu ramai oleh truk-truk kontainer. Simpang JICT itu berada di di Jl Sulawesi, depan Kolinlamil, Tanjung Priok, Koja, Jakarta Utara.

Sering terjadi penumpukan kendaraan di persimpangan JICT akibat tidak adanya lampu lalu lintas. Mereka memelankan atau berhenti di tengah persimpangan untuk menunggu giliran melintas.

(aik/aik)