Syarat Naik Kereta Api 2022, Ini 4 Hal yang Disiapkan

Anisa Hanifah - detikNews
Senin, 03 Jan 2022 18:29 WIB
Syarat naik kereta api 2022 kini telah dikeluarkan oleh pemerintah dalam aturan terbarunya. Kebijakan tersebut berlaku mulai hari ini, Senin (3/1/2022).
Syarat Naik Kereta Api 2022, Ini 4 Hal yang Disiapkan (Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI)
Jakarta -

Syarat naik kereta api 2022 kini telah dikeluarkan oleh pemerintah. Kebijakan tersebut berlaku mulai hari ini, Senin (3/1/2022).

Aturan itu mengacu pada Surat Edaran Kemenhub Nomor 97 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). SE itu mengatur syarat hingga penerapan prokes di ranah transportasi.

Untuk mengetahui syarat naik kereta api, detikcom sudah menyajikan informasinya. Simak ulasan di bawah ini.

Begini Syarat Naik Kereta Api 2022

Syarat naik kereta api mulai 3 Januari 2022 telah dibagikan KAI pada akun instagramnya. Dalam postingannya, beberapa syarat harus dipatuhi calon penumpang, seperti:

  1. Kereta api jarak jauh untuk anak usia di bawah 12 tahun (termasuk balita, batita dan bayi) harus menunjukkan hasil negatif rapid tes antigen 1x24 jam dan didampingi orang tua. Sedangkan untuk anak usia mulai 12 tahun hingga dewasa harus:
    -Sudah mendapatkan vaksin minimal dosis pertama. Jika belum divaksin dikarenakan alasan medis, dapat menyertakan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah sebagai pengganti vaksin
    -Menunjukkan hasil negative rapid tes antigen 1x24 jam
  2. Kereta api lokal untuk anak usia di bawah 12 tahun (termasuk balita, batita dan bayi) harus didampingi orang tua. Sedangkan untuk anak usia mulai 12 tahun harus mendapatkan vaksin minimal dosis pertama. Jika belum dapat divaksin dikarenakan alasan medis, dapat menyertakan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah sebagai pengganti vaksin

Syarat Naik Kereta Api 2022: Begini Aturan Prokesnya

Setelah mengetahui syarat naik kereta api 2022, mari ketahui pula penerapan prokes di transportasi darat. KAI sendiri menerapkan prokes yang meliputii:

  • Menggunakan masker dengan benar, yaitu dengan menutupi hidung dan mulut
  • Memperhatikan instruksi petugas dan menjaga jarak
  • Tidak berbicara satu arah maupun dua arah
  • Rajin mencuci tangan
  • Tidak diperkenankan makan dan minum pada perjalanan kurang dari dua jam, kecuali yang wajib mengonsumsi obat-obatan
  • Berpergian dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, batuk, hilang daya penciuman, diare dan demam), suhu badan kurang dari 37,7 derajat celcius.

Syarat Naik Kereta Api 2022: Penumpang yang Tak Patuh Akan Ditolak

KAI berupaya untuk terus mengingatkan para penumpang agar mematuhi syarat naik kereta api 2022 yang telah diberlakukan. Hal ini juga mencakup penumpang di atas maupun di bawah 12 tahun.

Diketahui selama libur Nataru, yaitu pada 17-29 Desember 2021, KAI menolak 22.576 pelanggan karena belum melengkapi persyaratan. Berikut rincian lengkapnya:

  • 9.628 tidak PCR bagi yang berusia di bawah 12 tahun
  • 8.983 tidak Rapid Test Antigen
  • 3.864 tidak vaksin dosis kesatu atau kedua
  • 96 sakit
  • 5 tidak membawa masker.

Untuk mengoptimalkan syarat naik kereta api 2022, KAI juga menurunkan tarif tes antigen di seluruh stasiun. Simak halaman selanjutnya.