detikcom Do Your Magic

detikcom Do Your Magic: Warga Gusuran Harap Kampung Susun Bayam di JIS Segera Terwujud

Marteen Ronaldo - detikNews
Senin, 03 Jan 2022 18:32 WIB
Warga gusuran Kampung Bayam bangun bedeng di belakang Jakarta International Stadium (JIS).
Foto: Marteen Ronaldo/detikcom
Jakarta - Warga Kampung Bayam, Papanggo, Jakarta Utara, masih menanti proyek kampung susun yang dijanjikan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Salah seorang warga gusuran Jakarta International Stadium (JIS) menyebut sudah ada pendataan oleh pihak Kelurahan Papanggo.

"Memang semuanya sudah ditindaklanjuti oleh Pemprov DKI akan memberikan rumah deret yang ada di dalam stadion," warga bernama Supriyanto saat ditemui detikcom, Senin (3/1/2021).

Sebagian besar warga telah mendaftar ke Kelurahan Papanggo dan telah mendapatkan form untuk pengisian identitas diri keluarga. Supriyanto menunjukkan form yang didapatkan.

Terkait waktu pemindahan warga sekitar, dia mengatakan sampai saat ini belum mendapatkan kepastian.

"Kita nggak tahu tuh kapan, soalnya dari pihak Jakpro-nya sendiri tidak memberitahukan terkait itu, bahkan sosialisasi juga tidak pernah," terangnya.

Pantauan di lokasi, Senin (3/1/2022), terlihat permukiman kumuh tepat di belakang JIS. Bangunan itu berada di pinggir perlintasan kereta api.

Bangunan-bangunan itu berdinding tembok pembatas perlintasan, tripleks, dan kayu-kayu bekas. Terpal digunakan sebagai atap hunian.

Bedeng-bedeng itu tak berpintu. Alas seadanya digunakan untuk tidur. Jika kereta api melintas, penghuni akan terganggu oleh suara bising kereta api.

Dari area permukiman kumuh itu, terlihat megahnya JIS yang akan segera diresmikan. (aik/dnu)