Polri Buka Opsi Perpanjang Masa Tugas Satgas Nemangkawi

Mulia Budi - detikNews
Senin, 03 Jan 2022 17:11 WIB
Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko
Kombes Trunoyudo (Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Jakarta -

Masa tugas Satgas Nemangkawi berakhir pada Desember 2021. Polri menyebut ada kemungkinan masa tugas Satgas Nemangkawi diperpanjang.

"Nanti perkembangan juga akan kita sampaikan terkait dengan Nemangkawi. Namun, tidak menutup kemungkinan ada perpanjangan," kata Analis Kebijakan Madya Bidang Penerangan Masyarakat (Penmas) Divisi Humas Polri Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Senin (3/1/2022).

Dia menyebut perpanjangan bakal dilakukan hingga 25 Januari 2022. Namun, dia belum menjelaskan apakah keputusan itu sudah final atau belum.

"Sampai dengan tanggal 25 Januari 2022," ujarnya.

Satgas Nemangkawi dibentuk untuk memburu kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. Selama pelaksanaan tugas, sempat terjadi kontak tembak antara Satgas Nemangkawi dan KKB.

Salah satu kontak tembak terjadi di Kampung Pisiga, Kabupaten Intan Jaya, sekitar pukul 14.15 WIT pada 6 Desember 2021. Baku tembak itu bermula saat Satgas Nemangkawi menyelidiki keberadaan KKB.

"Dalam kontak tembak tersebut, personel berhasil melumpuhkan satu anggota KKB (meninggal dunia)" kata Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Ahmad Musthofa Kamal.

Seorang anggota KKB tewas ditembak personel gabungan TNI-Polri dalam kontak tembak tersebut. Anggota KKB yang tewas merupakan kelompok Undius Kogoya.

"Dari hasil penyelidikan satu anggota KKB kelompok Undius atas nama Marten Belau meninggal dunia di tempat. Selanjutnya personel Satgas Nemangkawi kembali ke Posko," katanya.

Simak video 'Satgas Nemangkawi Kemungkinan Diperpanjang Hingga 25 Januari':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)