Ular Kobra 2 Meter Muncul di Kawasan Kuliner Sulsel, Pengunjung Kocar-kacir

Hermawan Mappiwali - detikNews
Senin, 03 Jan 2022 10:34 WIB
Ular kobra sepanjang 2 meter yang dievakuasi dari kawasan kuliner di Wajo, Sulsel. (dok. Istimewa)
Ular kobra sepanjang 2 meter yang dievakuasi dari kawasan kuliner di Wajo, Sulsel. (dok. Istimewa)
Wajo -

Ular kobra dengan panjang 2 meter seketika muncul di kawasan kuliner di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel). Pengunjung yang sedang menikmati hidangan langsung kocar-kacir.

"(Panjang ular kobra) kurang-lebih 2 meter itu," ujar petugas Animal Resque Damkar Wajo, Firman, kepada detikcom, Senin (3/1/2022).

Ular kobra itu muncul di salah satu kafe yang terbuat dari kontainer di kawasan kuliner di Kecamatan Tempe, Wajo, pada Minggu (2/1) malam.

"Anak pemilik kafe pas mau salat dengar bunyi-bunyi (desis ular kobra)," kata Firman.

"Kebetulan ramai di sana, memang ramai di sana karena tempat kuliner. Pas ditemukan itu, langsung pengunjung lari-lari," lanjut Firman.

Petugas Animal Resque yang menerima laporan langsung bergerak ke lokasi. Petugas sempat kesulitan menangkap ular kobra itu karena beberapa kali lolos.

"Jadi waktu di dalam masih sempat lolos ke gorong-gorong, nanti di sana baru kita bisa evakuasi. Pengunjung juga sempat lari-lari. Karena sempat kabur juga sebelum kita tangkap," ungkap Firman.

Setelah dievakuasi, ular kobra itu diserahkan ke komunitas pencinta ular. Hal itu dilakukan setelah ada komunitas pencinta bersedia memelihara ular tersebut.

"Aturannya kita kasi BKSDA, tapi BKSDA di sini belum kayak di kota besar jadi ada dua versi, kita lepas ke hutan atau kita koordinasi dengan pecinta ular," pungkasnya.

Tonton juga Video: Evakuasi Kobra Jawa di Rumah Warga, 2 Petugas Damkar Kena Patuk

[Gambas:Video 20detik]




(hmw/nvl)