Banjir Rendam 12 Kecamatan di Bungo Jambi, Paling Tinggi Capai 1,5 M

ADVERTISEMENT

Banjir Rendam 12 Kecamatan di Bungo Jambi, Paling Tinggi Capai 1,5 M

Ferdi - detikNews
Senin, 03 Jan 2022 00:06 WIB
Warga dievakuasi saat banjir terjadi di Bungo, Jambi.
Warga dievakuasi saat banjir terjadi di Bungo, Jambi. (Istimewa)
Bungo -

Sebanyak 12 kecamatan di Kabupaten Bungo, Jambi, terendam banjir. Ketinggian banjir ada yang mencapai 1,5 meter akibat tingginya curah hujan.

"Banjir ini mulai merendam rumah warga itu sebenarnya sejak malam kemarin ya. Tetapi hari ini air juga belum surut hingga tercatat ada 12 kecamatan dari 17 kecamatan yang terendam banjir saat ini," kata Kepala BPBD Bungo, Tobroni saat dihubungi, Minggu (2/1/2022).

Banjir merendam ribuan rumah di Kabupaten Bungo Jambi. Sejauh ini tim gabungan TNI-Polri, BPBD, serta Basarnas Jambi telah berupaya melakukan pemantauan di setiap kecamatan yang terdampak banjir.

Tim gabungan juga terus melakukan evakuasi warga yang terendam banjir cukup tinggi. Warga yang dievakuasi itu nantinya dibawa ke tenda pengungsian yang telah dibangun pemerintah.

"Ya kita atas nama dari pemda setempat melalui BPBD Bungo telah membangun beberapa tenda serta dilengkapi dapur umumnya untuk meletakkan warga di tempat evakuasi itu. Saat ini tim gabungan masih aktif berupaya memantau warga yang sekiranya dilakukan evakuasi," ujar Tobroni.

Ketinggian banjir rata-rata 1 meter hingga yang paling tinggi sedalam 1,5 meter. Tingginya banjir itu terjadi di Kecamatan Tanah Sepenggal.

"Kalau ketinggian banjir ini tidak semuanya sama, tergantung dari ketinggian daerahnya. Tetapi yang tercatat ada yang hanya setengah meter, ada juga yang 1 meter. Tetapi untuk yang paling dalam itu setinggi 1,5 meter, di mana terjadi di Kecamatan Tanah Sepenggal," sebut Tobroni.

Tidak ada korban jiwa dari banjir ini. Namun banjir ini merupakan banjir terbesar di Kabupaten Bungo yang terjadi di awal tahun 2022.

(rfs/rfs)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT