One Way Arah Jakarta Mulai Diberlakukan, Mobil ke Arah Puncak Diputar Balik

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Minggu, 02 Jan 2022 14:02 WIB
Situasi lalu lintas di Gadog menuju arah Puncak Bogor, Jawa Barat, pada Minggu (2/1/2022
Situasi lalu lintas di Gadog menuju arah Puncak, Bogor, Jawa Barat, pada Minggu (2/1/2022). (Rizky Adha/detikcom)
Jakarta -

Polres Bogor menerapkan one way untuk antisipasi peningkatan volume kendaraan dari Puncak, Bogor, menuju Jakarta. Polisi mengatakan penerapan one way diberlakukan setelah pukul 13.00 WIB.

"Kita antisipasi karena ini kan masyarakat yang check-out itu di jam 1 siang, jadi kita mengantisipasi pelaksanaan one way diperkirakan di atas jam 13. Jadi kita melihat situasi di lapangan," ujar KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ketut Lasswarjana kepada wartawan, Minggu (2/1/2022).

Petugas mencatat masih ada sekitar 20 ribu kendaraan di kawasan Puncak hingga hari ini. Ketut mengatakan pihaknya masih terus memantau kondisi lalu lintas untuk memastikan pemberlakuan one way.

"Perkiraan kita masyarakat yang masih ada di atas itu kurang-lebih hampir 20 ribu kendaraan, dari kemarin (Jumat dan Sabtu) dan pagi hari ini," ujarnya.

Menurutnya, berdasarkan pantauan CCTV, tampak kendaraan ke arah Jakarta sudah ada peningkatan hingga kini. Dia menyebut, terutama di beberapa titik kemacetan di kawasan Puncak, seperti Megamendung.

"Terlihat di CCTV saat ini memang sudah ada peningkatan. Terutama di titik-titik rawan kemacetan, seperti Megamendung dan pasar. Itu sudah ada antrean menuju ke Jakarta," imbuhnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa penerapan one way berlaku untuk kendaraan roda 4. Sedangkan, ujarnya, kendaraan roda 2 tetap bisa melintas menuju arah Puncak selama one way diterapkan.

"Roda 2 bisa," pungkasnya.

(fca/dhn)