Panas PDIP Vs M Taufik Soal 'Kesalahan yang Sama' Pengganti Anies

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 01 Jan 2022 21:05 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang akan habis pada Oktober 2022 mendatang memantik nama-nama pengganti Anies mulai dilontarkan. PDIP DKI dan Gerindra DKI pun memanas saat membicarakan pengganti Anies.

Tiga nama calon pengganti Anies awalnya disebut oleh penasihat Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta M Taufik. Taufik menyebut tiga nama, yakni mantan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmy Diani, Wagub DKI Ahmad Riza Patria, dan Menteri Investasi Indonesia Bahlil Lahadalia.

"Pertama, saya mau urut dari abjad pandangan dan usulan saya. Saya pernah melihat berkas Walikota Tangerang Selatan. Airin Rachmy Diani ini kalau didorong di DKI Jakarta bisa menarik," kata Taufik dalam acara refleksi akhir tahun Gerindra di Wisma Garuda Jalan SD Lama No 2, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (31/12/2021).

"Menurut saya mumpuni, karena ke depannya itu yang muda-muda. Itu dari sudut pandang saya. Mungkin nanti akan ada tokoh-tokoh lain yang akan muncul," sambungnya.

Dinilai Ogah Jatuh di Kesalahan yang Sama

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono menilai M Taufik ogah jatuh di kesalahan yang sama dengan membicarakan tiga nama pengganti Anies sebagai Gubernur DKI. Gembong menduga Taufik menyadari kalau Anies tidak bisa menjawab persoalan Jakarta.

"Ya kalau melihat apa yang disampaikan Pak Taufik ya pastilah, Pak Taufik sendiri melihat bahwa lima tahun ini melihat bahwa Anies tidak bisa, tidak mampu menjawab persoalan Jakarta. Kenapa pandangan itu muncul dari Pak Taufik, karena Pak Taufik melihat secara langsung bahwa Pak Anies tidak mampu menjawab persoalan Jakarta selama lima tahun. Karena itu tadi kita nggak mungkin akan mengulangi persoalan yang sama dengan orang yang sama juga, gitu loh," kata Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono kepada wartawan, Sabtu (1/1/2022).

Gembong memprediksi Taufik sedang mencari terobosan dari sosok muda untuk menjadi calon Gubernur DKI Jakarta setelah Anies Baswedan. Dia menyebut Taufik mencari sosok muda yang mempunyai pandangan jauh ke depan.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...