Jokowi: Indonesia Tampung Sementara 105 Pengungsi Rohingya Demi Kemanusiaan

Zunita Putri - detikNews
Sabtu, 01 Jan 2022 00:18 WIB
Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi Anak di Jakpus
Foto Presiden Jokowi: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan menampung sementara 105 pengungsi Rohingya di Aceh. Jokowi mengatakan aksi ini adalah bentuk kemanusiaan.

"Demi kemanusiaan, Indonesia memutuskan untuk menampung sementara 105 pengungsi Rohingya di Aceh," ujar Jokowi melalui akun Twitter resminya, Jumat (31/12/2021).

Jokowi mengatakan Indonesia akan bekerja sama dengan UNHCR dan IOM. Dia berharap masalah pengungsi Rohingya ini cepat selesai.

"Selanjutnya, Indonesia akan terus bekerja sama dengan UNHCR dan IOM. Akar masalah pengungsi Rohingya harus diselesaikan. Mereka berhak hidup damai di rumah mereka di Myanmar," tegas Jokowi.

Diketahui, ratusan pengunsi Rohingya sudah dievakuasi oleh TNI AL menggunakanKRI Parang-647 dengan cara menarik kapal kayu pengangkut pengungsi Rohingya ke Lhokseumawe, Aceh.

Sebelumnya, pengungsi Rohingya terombang-ambing di perairan Bireuen, Aceh. Perkumpulan Suaka meminta pemerintah Indonesia segera menyelamatkan mereka.

"Indonesia sudah mempunyai Perpres 125/2016 tentang Penanganan Pengungsi, jelas apa yang harus dilakukan oleh pemerintah dan lembaga terkait ketika ditemukannya pengungsi di laut," kata Ketua Perkumpulan Suaka, Atika Yuanita, Senin (27/12).

Perkumpulan Suaka adalah jaringan masyarakat sipil sukarela, yang beranggotakan individu maupun organisasi yang bertujuan untuk bekerja bagi perlindungan dan kemajuan hak asasi manusia para pengungsi dan pencari suaka di Indonesia.

(zap/isa)