Crowd Free Night Jakarta, Bundaran HI Ditutup!

Nahda Rizki Utami - detikNews
Jumat, 31 Des 2021 22:45 WIB
Kawasan Bundaran HI saat Crowd Free Night.
Suasana kawasan Bundaran HI saat CFN Jakarta. (Nahda/detikcom)
Jakarta -

Crowd free night Jakarta sudah mulai diterapkan. Kawasan Bundaran HI sudah ditutup.

Pantauan di lokasi, Jumat (31/12/2021), petugas sudah mulai mensterilkan kawasan Bundaran HI pukul 22.00 WIB. Warga yang masih di kawasan Bundaran HI dihalau petugas untuk segera pulang ke rumah.

Petugas personel gabungan sudah siaga di kawasan HI. Anggota Dishub dan polantas mengurai lalu lintas. Sementara Satpol PP dan anggota TNI mengingatkan warga untuk pulang ke rumah.

"Ayo silakan... silakan. Sudah pukul 22.00 WIB," ujar salah satu petugas.

Setelah steril, tak ada lagi pejalan kaki dan kendaraan yang melintas di kawasan Bundaran HI. Jalanan itu kini sepi.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menegaskan bahwa penerapan aturan crowd free night (CFN) di 11 lokasi di Jakarta berlaku bagi para pejalan kaki dan pesepeda. Sebab, CFN bukan car free night.

"Itu sebabnya namanya crowd free night, bukan car free night karena pejalan kaki dan pesepeda nggak boleh melintas juga," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan.

Sambodo mengatakan 11 titik lokasi yang telah diterapkan CFN akan dipastikan sepi. Sejumlah lokasi itu nantinya tidak akan diperkenankan untuk dilewati.

"Kami usaha agar semua kawasan sepi dan tak bisa dilewati, baik oleh pengendara sepeda motor, mobil, sepeda, maupun pejalan kaki," ungkap Sambodo.

(idn/dhn)