Malam Tahun Baru, Polisi Wajibkan Semua Tempat di Bekasi Tutup Pukul 20.00

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Jumat, 31 Des 2021 19:13 WIB
Amerika Serikat merayakan hari kemerdekaan pada 4 Juni 2021 dengan pesta kembang api. Yuks lihat bagaimana meriahnya pesta kembang apinya.
Foto: AP Photo
Jakarta -

Polres Metro Bekasi Kota memastikan akan menutup Alun-alun Kota Bekasi dan tempat lain yang dapat mengakibatkan kerumunan mulai pukul 20.00 WIB. Dia menuturkan operasi itu untuk mencegah kerumunan masyarakat menjelang tahun 2022.

"Nanti kita akan lakukan penutupan alun-alun dimulai jam 20.00-02.00. Tempat usaha juga sama. Sesuai dengan instruksi Mendagri, dari surat edaran bersama Wali Kota, Kapolres, dan Dandim, pukul 20.00 harus tutup dan tidak ada event tertentu," kata Kabag Ops Polres Metro Bekasi Kota Kompol Agus Rohmat kepada wartawan di Mapolres Metro Bekasi Kota, Jumat (31/12/2021).

Dia menjelaskan pengamanan satuan gabungan, yang terdiri atas jajaran TNI dan Polri, Dishub, serta Satpol PP telah disiagakan. Setidaknya, menurut dia, ada 784 petugas diturunkan untuk menjaga keamanan menjelang momen malam tahun baru.

"Untuk pengamanan malam tahun baru, Polres Metro Bekasi Kota melibatkan sekitar 534 personil dari Polres ditambah TNI, 100 dishub, 150 kemudian Satpol PP," sambungnya.

Dia menuturkan pihaknya juga telah mempersiapkan personel untuk berjaga di beberapa titik rawan kerumunan setiap perayaan tahun baru. Sementara di Jl Ahmad Yani dan Mal Summarecon Bekasi akan ada pengamanan ekstra.

"Untuk tempat lainnya, yang biasa digunakan masyarakat untuk menyambut tahun baru. Itu juga sudah kita plotting personel-personel. Dan untuk yang kita pertebal pengamanan itu di Jalan Ahmad Yani dan Summarecon," ucapnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan polisi telah berkoordinasi dengan pihak mal Summarecon Bekasi untuk mematikan lampu penerangan di sekitar. Dia menegaskan malam tahun baru nanti juga tak ada pawai atau arak-arakan.

"Juga koordinasi juga dengan pihak Summarecon. Untuk di Summarecon dan jembatan Summarecon itu dipadamkan. Tidak ada pawai maupun arak-arakan," tegasnya.

"Jadi nanti petugas ada yang standby ada yang muter juga. Untuk pengamanan malam tahun baru ini, kita memedomani Instruksi Mendagri Nomor 66," lanjut dia.

(fca/fca)