17 Pegawai Dikukuhkan Jadi Dewan Pengurus Korpri KPK

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Jumat, 31 Des 2021 19:07 WIB
Gedung baru KPK
Ilustrasi Gedung KPK (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

KPK mengukuhkan 17 pegawai KPK menjadi Dewan Pengurus Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) KPK. Pengukuhan ini dilakukan langsung oleh Ketua Umum Korpri Zudan Arif Fakrulloh serta disaksikan oleh Ketua KPK Firli Bahuri.

Pengukuhan Dewan Pengurus Korpri KPK ini berdasarkan Keputusan Dewan Pengurus Korpri Nasional Nomor 24/KU/XI/2021 tanggal 29 November 2021 tentang Susunan Personalia Dewan Pengurus KORPRI KPK masa bakti 2021-2026. Pengukuhan digelar di Aula Gedung Juang KPK, Jumat (31/12/2021).

Pembentukan Korpri KPK ini merupakan tindak lanjut dari pengalihan status pegawai KPK menjadi ASN sesuai dengan amanat UU Nomor 19 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Dalam sambutannya Firli berpesan agar Korpri KPK mampu berperan dalam upaya pencegahan korupsi di lingkungan aparatur sipil negara, baik pada pemerintah pusat maupun daerah. Dia berharap Korpri KPK dapat menjadi contoh dalam membangun budaya antikorupsi.

"Korpri KPK harus bisa menjadi ujung tombak dalam membangun budaya antikorupsi, sebagai upaya untuk mencegah terjadinya korupsi di lingkungan Korpri nasional," kata Firli.

Lebih lanjut, Firli menjelaskan bahwa, sebagai seorang aparatur sipil negara setidaknya harus melaksanakan 3 kewajibannya. Di antaranya melaksanakan kebijakan publik, memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan menjadi perekat bagi persatuan dan kesatuan bangsa.

Zudan Arif Fakrulloh berharap dengan bergabungnya KPK dalam Korpri dapat menjadi penguat bagi organisasi yang tepat berumur 50 tahun ini. Korpri KPK diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap upaya pemberantasan korupsi yang selaras dengan semangat KORPRI yang tertuang dalam Panca Prasetya Korpri, khususnya pada poin ke lima, yakni menegakkan kejujuran, keadilan, dan disiplin serta meningkatkan kesejahteraan dan profesionalisme.

"Saya berharap Korpri KPK tidak hanya memberikan manfaat bagi internal pegawai KPK, namun juga kepada seluruh ASN di Indonesia. Selamat bertugas, selamat berkarya Korpri KPK," tutup Firli.

(azh/isa)