DMI Sulsel Kecam Pembunuhan Imam Masjid di Luwu

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Jumat, 31 Des 2021 14:42 WIB
Ilustrasi: pembunuhan, mayat, bunuh diri, garis polisi, police line
Ilustrasi Pembunuhan (Thinkstock)
Luwu -

Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sulawesi Selatan (Sulsel) mengecam penganiayaan imam masjid hingga tewas di Kabupaten Luwu. DMI juga meminta polisi mengusut tuntas kasus tersebut.

"Tentunya kita mengecam keras aksi penganiayaan ini yang menyebabkan kematian yang diduga dilakukan di lingkungan masjid," kata Ketua Prisma DMI Sulsel Abdul Haris Zainuddin saat dimintai konfirmasi, Jumat (31/12/2021).

Abdul Haris meminta kepolisian mengusut penganiayaan itu dengan terang-benderang, terutama terkait motif dibalik penganiayaan. Dia juga berharap kejadian serupa tak terulang.

"Harus diungkap agar tidak terjadi lagi di tempat lain. Biarkan polisi mengusut ini apa (motif pelaku) dibalik penganiayaan," ucapnya.

Kendati demikian, Haris juga mengingatkan warga menahan diri dan mempercayakan sepenuhnya proses penanganan kasus ini ke pihak kepolisian.

"Umat Islam kami minta untuk menahan diri dan pelaku juga dihukum seberat-beratnya jika tertangkap," tegas dia.

Diberitakan sebelumnya, imam masjid berinisial YS (71) ditemukan bersimbah darah di teras masjid di wilayah Belopa, Luwu, pada sekitar pukul 04.45 Wita. Korban sempat dibawa ke rumah sakit, namun nyawanya tak tertolong.

Kejadian berawal saat jemaah bernama Sudirman mau salat subuh di masjid. Saksi kemudian menemukan lampu masjid masih dalam keadaan mati sehingga bergegas ke dalam.

Saat berjalan masuk, Sudirman mendengar suara rintihan kesakitan seseorang. Ketika dicek lebih lanjut, suara kesakitan tersebut ternyata berasal dari korban YS yang tengah terbaring di teras masjid dalam kondisi bersimbah darah.

Sementara itu, polisi memastikan korban dianiaya. Terduga pelaku, AN (22) juga telah ditangkap polisi dan kini diinterogasi oleh penyidik untuk mendalami penganiayaan tersebut.

Simak juga 'Melihat Lagi Nostalgia Jokowi-JK di Gedung Baru DMI':

[Gambas:Video 20detik]

(hmw/nvl)