Bali Dinilai Potensial Jadi Pusat Wisata Rally di Indonesia

Jihaan Khoirunnissa - detikNews
Jumat, 31 Des 2021 14:05 WIB
MPR
Foto: MPR
Jakarta -

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) yang akan menjadikan Bali sebagai pusat wisata rally di Indonesia. Bali dinilai potensial untuk dikembangkan menjadi sport and entertainment automotive tourism karena memiliki daya tarik berupa kombinasi alam yang indah serta kekayaan budaya.

"Salah satu potensi yang bisa digarap yakni memanfaatkan lahan seluas 150-200 hektare milik pemerintah Provinsi Bali yang dikelola Perusahaan Daerah Perkebunan Sangiang di Kabupaten Jembrana untuk dikembangkan menjadi sirkuit sprint rally dan speed rally. Mudah-mudahan pembangunan sirkuitnya bisa segera dilaksanakan tahun depan, dengan dukungan pemerintah Provinsi Bali, Pemkab Jembrana, Perusda Sangiang dan berbagai pihak terkait lainnya," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Jumat (31/12/2021).

Dalam acara 'Automotive Community Gathering 'Year End 21', di Pelabuhan Benoa, Bali, Kamis (30/12), Ketua DPR RI ke-20 dan Mantan Ketua Komisi III DPR RI ini menyebut tahun 2022 IMI rencananya akan dilakukan groundbreaking pembangunan Sirkuit Go-kart Internasional di Bali Pecatu dengan nama 'Bali Pecatu International Circuit'. Bamsoet mengatakan sirkuit ini akan digunakan untuk menggelar beberapa balapan seperti Gokart World Championship, drag bike, Mini MotoGP, balap motor underbone dan lain-lain.

"Tentang rencana Sirkuit Formula-1 di kawasan Jembrana untuk sementara ditunda menunggu kajian adat dan budaya secara menyeluruh. Selain itu, untuk mendorong geliat ekonomi dan menekan risiko kematian dari balap liar, IMI juga berkomitmen membantu secara teknis pembangunan sirkuit di delapan Kabupaten dan satu kota di Bali," kata Bamsoet.

Bamsoet menegaskan IMI dan komunitas otomotif Bali juga siap menyukseskan rencana Pelindo Regional Bali-Nusa Tenggara untuk membangun Black Stone Yacht Club Marina Benoa Bali di dalam kawasan Pelabuhan Benoa Marina Bali. Harapannya dapat menjadi nilai tambah bagi kawasan Pelabuhan Benoa Marina Bali untuk dikembangkan menjadi pusat entertainment otomotif. Sekaligus tempat hangout atau nongkrong bareng para pelancong turis mancanegara yang datang ke Bali menggunakan kapal pesiar.

"Black Stone Yacht Club Marina Benoa Bali akan menjadi kawasan terpadu, memberikan kesempatan kepada para komunitas otomotif Bali menyelenggarakan berbagai event otomotif dengan latar pemandangan laut dan kapal pesiar yang indah. Memberikan nilai tambah kawasan pelabuhan Benoa yang sedang dikembangkan oleh Presiden Joko Widodo melalui konsep Bali Maritime Tourism Hub (BMTH)," jelas Bamsoet.