Antusiasme Pengunjung Ragunan Saat Akhir Tahun, Begini Suasananya

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Jumat, 31 Des 2021 13:27 WIB
Suasana pengunjung Ragunan pada akhir tahun 2021
Suasana pengunjung Ragunan pada akhir 2021 (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan, ramai didatangi pengunjung pada akhir 2021. Bagaimana suasananya?

Pantauan detikcom di lokasi, Jumat (31/12/2021), sejak pukul 12.15 WIB terlihat para pengunjung mulai berdatangan. Para pengunjung Ragunan tampak sudah mulai mengantre di pintu utara 2.

Mereka terlihat datang dengan kendaraan pribadi, baik mobil maupun sepeda motor. Ada juga pesepeda dan pelari yang sedang berolahraga di lokasi. Pengunjung yang datang tampak sudah memakai masker.

Para pengunjung yang masuk sudah memesan tiket secara daring. Sebelum masuk, mereka harus men-scan barcode PeduliLindungi yang sudah terpampang di pintu masuk.

Pengunjung rata-rata membawa keluarganya. Tak sedikit dari mereka juga ada yang membawa balita dengan menggunakan stroller.

Sebagian pengunjung terlihat ada yang menggelar tikar di rumput yang telah diberi tanda lingkaran. Petugas keamanan tampak berpatroli di dalam area Ragunan agar pengunjung tidak berkerumun.

Pengunjung bernama Julius (42) mengaku senang bisa membawa anak beserta istrinya ke Ragunan. Selain agar anak mengenal binatang, Julius menyebut kunjungannya ke Ragunan ini karena anaknya sudah bosan di rumah selama pandemi Corona (COVID-19).

"Jadi memang bagaimana mengenalkan anak-anak buat edukasi ya, terutama ini si kecil dia boleh dibilang dia anak COVID ya. Kenapa anak COVID, karena begitu dia umur setahun, dia di rumah terus sepanjang COVID kan," kata Julius.

"Karena kan dua tahun ini COVID, 3 tahun, jadi begitu dia mulai menginjak, mulai bisa jalan, sudah COVID, jadi setelah itu ya dia di rumah terus kan," tambahnya.

Julius mengatakan pelonggaran pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dimanfaatkan untuk menghirup udara segar bersama sang anak. Dia pun akhirnya berinisiatif pergi ke Ragunan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Pastinya jenuh, apalagi dia anaknya hiperaktif ya, tidak bisa diam, kasihan juga sih. Jadi ini ada momen ya kita ambil kesempatan sih apalagi sekarang kan pemerintah sudah sedikit melonggarkan PPKM level 1 jadi ya kita manfaatkan," ucapnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya: