ADVERTISEMENT

PKS Nilai Wajar Patung Naga di YIA Disorot: Tak Akrab dengan Budaya RI

Eva Safitri - detikNews
Jumat, 31 Des 2021 07:45 WIB
Politikus Partai Ummat Mustofa Nahrawardaya menyoroti keberadaan patung naga yang berada di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo, DIY.
Penampakan Patung Naga di Bandara YIA yang Jadi Sorotan (Foto: Jalu Rahman Dewantara)
Jakarta -

Keberadaan patung naga di Bandara Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA), Kulon Progo, DIY, menuai sorotan. PKS menilai wajar keberadaan patung naga di YIA memicu sorotan, sebab naga tidak dikenal sebagai simbol budaya Indonesia.

"Pertama, wajar ada pertanyaan. Karena naga bukan simbol yang akrab dengan budaya Indonesia," kata Mardani, kepada wartawan, Kamis (30/12/2021).

Mardani mengatakan lebih baik diisi oleh simbol yang memiliki akar budaya Indonesia. Sehingga sekaligus bentuk edukasi budaya lokal.

"Bagus jika ke depannya instalasi seninya yang punya akar budaya. Bisa wayang atau bentuk edukasi lainnya misal Masjid Agung Kudus yang sangat harmoni antara budaya Islam dan lokal," ujarnya.

Namun, menurut Mardani jika patung itu memiliki arti seni temporer perlu adanya penjelasan. Dia mengatakan setiap masyarakat bebas berpendapat.

"Kedua, jika bagian dari karya seni yang temporer, berikan saja penjelasannya. Ketiga, biarkan ruang publik diisi dengan berbagai pendapat publik yang sehat dan cerdas," tuturnya.

Diketahui, patung naga di bandara YIA itu disorot oleh Politikus Partai Ummat Mustofa Nahrawardaya. Lewat akun Twitternya, @TofaTofa_id, Mustofa mempertanyakan pemilihan naga sebagai wujud patung tersebut.

"Pemandangan baru di Yogyakarta Internasional Airport (YIA) hari ini, Kamis (30/12/2021). Masih gresss...patung naga raksasa di pintu keluar Bandara. Kenapa bukan Patung Garuda atau Patung Pahlawan yg dipasang di sini? Ada temen di Yogyakarta tahu?," tulis Mustofa seperti yang dilihat detikcom siang ini.

Dalam cuitannya, Mustofa turut melampirkan foto patung tersebut. Hingga berita ini ditulis, cuitan tersebut telah di-retweet sebanyak 270 kali, dikutip 247 dan disukai hingga 662.

detikcom berupaya menghubungi Mustofa terkait postingan tersebut. Namun hingga berita ini ditulis humas Partai Ummat itu belum memberikan respons.

Seperti apa patung naga yang disorot itu?

Pantauan detikcom, Kamis (30/12/2021), patung naga yang dipertanyakan Mustofa tersebut berada persis di depan pintu keluar terminal kedatangan YIA. Patung berwarna hijau tua metalik ini memiliki tinggi hampir 2 meter, dengan panjang berkisar 2,5 meter dan lebar mencapai 1,5 meter.

Pantung berbentuk naga ini dilengkapi tanduk, gigi runcing, dan lidah yang menjulur. Terdapat pula kaki, dan tangan di tubuh patung tersebut.

Posisi tubuh naga mengitar seperti ular di atas alas berwarna coklat. Di sekelilingnya itu, terlihat beberapa patung kecil berbentuk kapal kuno zaman dahulu.

Simak Video 'Kata Pihak YIA soal Patung Naga Disorot Politikus Partai Ummat':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/zak)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT