6 Temuan Awal soal Benda Mirip Tank Usai Ditemukan

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 31 Des 2021 07:34 WIB
Benda mirip tank diamankan di Posmat AL Kijang, Bintan, Kepri. (ANTARA/Ogen)
Foto: Benda mirip tank diamankan di Posmat AL Kijang, Bintan, Kepri. (ANTARA/Ogen)
Jakarta -

Warga perairan Natuna digegerkan dengan temuan benda mirip tank yang terombang-ambing di tengah laut. Aparat TNI Angkatan Laut (AL) dan Badan Keamanan Laut (Bakamla) yang mendengar informasi itupun langsung menyisir perairan.

Sebelumnya, yakni pertengahan Desember kemarin, benda itu sempat terlihat warga. Namun aparat belum berhasil mengamankan saat itu.

"Secara fisik memang mirip tank," kata Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama (Laksma) Tjahja Setiawan seperti dilansir Antara, Kamis (30/12/2021).

Berikut 6 temuan terkait benda mirip tank tersebut:

1. Terbuat dari Logam 0,2 cm

Benda mirip tank yang ditemukan nelayan di perairan Pulau Buruan, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri) ini terbuat dari logam setebal 0,2 cm.

2. Dipasangi Styrofoam di Kanan-Kirinya

Di bagian kiri dan kanannya terdapat styrofoam. Diduga styrofoam itulah yang membuat benda mirip tank tersebut bisa terapung di atas permukaan laut.

3. Tak Ada Komponenen Mesin

Sejauh ini, TNI AL juga belum menemukan peralatan dari benda tersebut, baik peruntukan alias fungsi, serta asal usulnya.

Laksma Tjahja menegaskan benda terkait belum dapat diidentifikasi sebagai benda apapun sampai dengan hasil penyelidikan TNI AL rampung.

Benda mirip tank ditemukan di Laut Natuna (dok. instagram TNI AL)Foto: Benda mirip tank ditemukan di Laut Natuna (dok. instagram TNI AL)

4. Diduga Hanya Satu Unit

Dia menduga benda mirip tank itu sama dengan yang ditemukan di perairan Kabupaten Natuna sebelumnya. Benda tersebut diperkirakan hanyut terbawa arus hingga ke perairan Pulau Bintan.

"Sejauh ini, kami hanya temukan satu benda itu saja," ucap Laksma Tjahja.

5. Diamankan di Posmat AL

Saat ini, benda mirip tank itu sudah diamankan di Posmat AL Kijang.

Benda mirip tank tersebut tengah diinvestigasi pihak TNI AL melalui Pushidrosal, Dissenlekal, dan Dislitbangal.

6. Semacam Mock-up

Kabakamla, Laksamana Madya TNI Aan Kurnia pada Rabu (29/12), menjelaskan benda tersebut hanya mock-up. Aan yakin tak ada yang perlu dikhawatirkan dari sisi keselamatan terkait bendar mirip tank tersebut.

"Temuan kapal sudah diambil sama nelayan, kemudian dibawa sama Angkatan Laut. Ternyata itu semacam mock-up saja. Hanya memang mirip seperti tank," kata Kepala Bakamla

Menurutnya, benda mirip tank yang mengapung di perairan Kepri tersebut tidak berbahaya.

Viral benda mirip tank di Laut Natuna.Foto: Viral benda mirip tank di Laut Natuna. (dok. Antara)

Simak Video 'Bakamla Jelaskan Benda Mirip Tank di Laut Natuna':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)