Soroti Andil Oknum TNI di Kasus TKI Ilegal, Golkar Duga Dipicu Kesejahteraan

Eva Safitri - detikNews
Jumat, 31 Des 2021 07:27 WIB
Bobby Adhityo Rizaldi
Foto: Bobby Adhityo Rizaldi. (Dok Pribadi).
Jakarta -

Oknum TNI diduga terlibat membantu pengiriman TKI ilegal ke Malaysia. Anggota Komisi I DPR Bobby Adhityo Rizaldi meminta kasus ini diusut tuntas.

"Ya kita minta TNI untuk mengusut tuntas," kata Bobby, kepada wartawan, Kamis (30/12/2021).

Politikus Golkar ini lantas menyoroti banyaknya pelanggaran yang dilakukan oleh prajurit TNI belakangan ini. Bobby meminta persoalan itu menjadi perhatian.

"Identifikasi masalah banyaknya soal-soal kedisiplinan atau pelanggaran-pelanggaran prajurit yang belakangan ini sering menjadi perhatian publik," ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan perlunya ada peningkatan kesejahteraan prajurit TNI. Dia menilai kesejahteraan menjadi salah satu pemicu kerap terjadinya pelanggaran disiplin.

"Tapi selain itu perlu dipikirkan juga peningkatan kesejahteraan prajurit TNI, yang mungkin menjadi salah satu pemicu terjadi nya hal-hal seperti ini atau bentrokan-bentrokan di tingkat prajurit berpangkat non perwira," ucap Bobby.

Dugaan keterlibatan oknum TNI itu diungkap oleh BP2MI atas hasil investigasi tragedi tenggelamnya kapal yang menewaskan sejumlah TKI atau PMI ilegal di lepas pantai Johor Baru, Malaysia. BP2MI menduga oknum TNI Angkatan Laut (AL) dan TNI Angkatan Udara (AU) terlibat membantu kegiatan PMI ilegal ke Malaysia ini.

"Adanya dugaan keterlibatan oknum TNI AL dan oknum TNI AU, yang memiliki peran masing-masing dalam membantu kegiatan pengiriman PMI ilegal," ujar Kepala BP2MI Benny Rhamdani dalam jumpa pers virtual, Selasa (28/12).

Simak selengkapnya di halaman berikut