2 Pemerkosa Tinggal Bugil Korbannya Beda Nasib: 1 Tersangka 1 Tak Cukup Bukti

Hermawan Mappiwali - detikNews
Kamis, 30 Des 2021 12:51 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi pemerkosaan. (Edi Wahyono/detikcom)
Maros -

Dua terduga pemerkosa yang meninggalkan korbannya tanpa busana di jalanan di Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel), beda nasib. Satu terduga pelaku ditetapkan menjadi tersangka sementara satu lainnya dinilai penyidik tak cukup bukti.

"Yang dilaporkan dua orang. Setelah kami amankan kita lakukan penyelidikan memang bisa kita naikkan sebagai tersangka 1 orang, 1 belum bisa," kata Kasat Reskrim Polres Maros AKP Haris Sumarsono saat dimintai konfirmasi, Kamis (30/12/2021).

Pelaku yang menjadi tersangka adalah ADR (38). Kemudian satu pelaku lainnya, MFD (19) dianggap tak cukup bukti melakukan pemerkosaan.

"(MFD) kami belum berani, belum ada alat bukti cukup untuk menjadikan tersangka," ungkapnya.

Versi Laporan Korban Ada 2 Pelaku

Polisi sebelumnya merilis kronologi pemerkosaan bahwa pelaku ada dua orang. AKP Haris lantas menjelaskan kronologi itu merupakan versi korban.

"Kalau (kronologi awal) yang kita sampaikan menurut korban. Menurut korban dua orang yang melakukan tapi fakta penyidikan kami satu belum," kata Haris.

Haris tak membeberkan lebih lanjut terkait rangkaian penyidikan yang membuat MFD tak cukup bukti menjadi tersangka.

"Kalau yang saya bisa pastikan, saya bisa naikkan tersangka satu orang, yang satu belum cukup bukti," katanya.

Awal Kasus Pemerkosaan

Diberitakan sebelumnya, kasus ini berawal saat korban berusia 23 tahun dijemput ADR dan MFD dan sejumlah pria lainnya untuk minum minuman keras di sebuah kafe di wilayah Panakkukang, Makassar, pada Minggu (26/12) sekitar pukul 23.00 Wita.

Karena dibawa ke kafe, korban selalu minta diantar pulang namun pelaku disebut kerap menunda-nunda. Korban baru diantar pulang saat waktu menunjukkan pukul 03.00 Wita.

Kemudian sekitar 15 menit kemudian di jalan poros Kabupaten Maros, korban dicekoki miras jenis Morgan di atas mobil kemudian diperkosa oleh ADR. Selanjutnya, MFD juga disebut melakukan pemerkosaan sebelum dia terganggu truk sampah yang melintas di lokasi.

Terakhir, korban dibuang ke tepi jalan dalam kondisi bugil. Beruntung korban ditolong oleh tukang becak dan warga untuk dibawa melapor ke Polres Maros.

Lihat juga video 'Sopir Truk Diringkus Polisi Usai Perkosa Siswi SD di Mojokerto':

[Gambas:Video 20detik]



(hmw/nvl)