Dapat Izin, Muhammadiyah Australia College Resmi Beroperasi

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 30 Des 2021 01:30 WIB
Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir saat konferensi pers virtual pendirian Universiti Muhammadiyah Malaysia
Foto: Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir (dok. Muhammadiyah)
Jakarta -

Muktamar ke-47 Muhammadiyah tahun 2015 di Makassar, Sulawesi Selatan, memutuskan dan memandatkan kepada Pimpinan Pusat Muhammadiyah terpilih untuk melaksanakan dan mengembangkan program 'Internasionalisasi Muhammadiyah'. Di antara program yang bersifat globalisasi itu selain mengembangkan PCIM-PCIA, beasiswa dan diaspora kader, forum-forum dialog antaragama dan perdamaian, serta program-program kemanusiaan di ranah global; secara khusus mengembangkan amal usaha strategis di luar negeri.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan setelah mendirikan Markaz Dakwah dan TK ABA di Cairo Mesir, Usaha Ekonomi PCIM Malaysia, Universiti Muhammadiyah Malaysia (UMAM), kini Pimpinan Pusat Muhammadiyah bersama PCIM Australia mendirikan Muhammadiyah Australia College (MAC).

"Alhamdulillah Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah memperoleh izin operasional sekolah Muhammadiyah di Australia dengan nama MUHAMMADIYAH AUSTRALIA COLLEGE (MAC) di 1-3 Killarney Drive Melton Victoria Australia dari Pemerintah Australia melalui Victorian Registration and Qualifications Authority (VRQA) Department Education Victoria tanggal 21 Desember 2021. Sesuai izin yang diterbitkan oleh VRQA Department Education Victoria, MAC adalah sekolah dengan jenis Primary/Co-educational, yaitu dari jenjang taman kanak-kanak sampai sekolah dasar," kata Haedar dalam keterangan tertulisnya, Rabu (29/12/2021).

Dia menyebut pendirian MAC melengkapi babak baru komitmen Muhammadiyah untuk membangun peradaban bersama yang mencerahkan di bawah panji Islam Berkemajuan yang berwawasan rahmatan lil-alamin di dunia internasional melalui program internasionalisasi Muhammadiyah. Menurutnya, pendirian MAC ini dimaksudkan sebagai perluasan gerakan mencerdaskan kehidupan bangsa dan pengembangan pendidikan di ranah global yang berfungsi strategis mewujudkan kemajuan dan persatuan antarbangsa.

Usaha pendirian MAC yang ditempuh oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCIM) Australia dan tim khusus serta para pihak antara lain melalui proses sebagai berikut:

Pada Desember 2017 Pimpinan Pusat Muhammadiyah membeli lahan seluas 10 Ha di 585 Belgrave Hallam Road, Narre Warren East VIC 3804 Melbourne sebagai tonggak awal proses menggagas dan persiapan mendirikan MAC yang menjadi Pusat Gerakan Komunitas PCIM Australia. Pada November 2020, Pimpinan Pusat Muhammadiyah membeli lahan dengan luas satu hektar lebih berlokasi di 1-3 Killarney Drive, Melton, Victoria, Australia 3337.

PCIM Australia selanjutnya memroses izin registrasi MAC ke Victorian Registration and Qualifications Authority (VRQA) Department Education Victoria Australia. PCIM Australia juga melakukan pertemuan dengan berbagai elemen masyarakat Indonesia dan non-Indonesia yang ada di Victoria untuk mencari masukan tentang proses registrasi guna menyusun langkah-langkah sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Setelah mempersiapkan pemenuhan semua persyaratan untuk registrasi sekolah baru dan mendapat feedback dari VQRA, pada 21 Desember 2021 terbit surat izin operasional dari Victorian Registration and Qualifications Authority (VRQA) Department Education Victoria untuk MAC. Sejak 21 Desember 2021 tersebut, maka Muhammadiyah Australia College telah resmi dan sah secara hukum untuk beroperasi di Australia.

"Akhirnya, Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak baik di Indonesia maupun di Australia. Semoga Allah SWT melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga ikhtiar dan pergerakan Muhammadiyah memperoleh kemudahan dan keberkahan dalam mengembangkan misi dakwah dan tajdid bagi kemajuan peradaban dunia yang rahmatan lil-alamin," pungkas Haedar.

(fas/fas)