3 Anggota MIND ID Raih Proper Emas Terkait Manajemen Lingkungan

Nada Zeitalini - detikNews
Rabu, 29 Des 2021 22:17 WIB
Lahan bekas tambang Timah di Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka ini disulap jadi kawasan konservasi dan rekreasi. Ingin tahu seperti apa?
Foto: detikcom
Jakarta -

Bagian dari MIND ID yang merupakan BUMN Holding Industri Pertambangan di antaranya PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk, dan PT Timah Tbk meraih anugerah lingkungan Proper Emas 2021. Penganugerahan tersebut diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Penghargaan tersebut diberikan oleh Wakil Presiden RI K.H. Ma'ruf Amin di Istana Wakil Presiden, Jakarta pada Selasa, (28/12) kemarin. Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID, Dany Amrul Ichdan mengatakan ketiga perusahaan yang memperoleh Proper Emas tersebut merupakan wujud keberhasilan dalam melakukan pengelolaan lingkungan. Kemudian juga melaksanakan inovasi sosial di wilayah operasionalnya.

"Perolehan PROPER EMAS ini merupakan wujud nyata dari komitmen pengelolaan lingkungan Grup MIND ID, serta refleksi komitmen Grup MIND ID dan hasil kerja keras para insan MIND ID untuk mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK). PROPER EMAS merupakan wujud dukungan Grup MIND ID kepada Indonesia dalam memenuhi komitmen dunia terhadap Perubahan Iklim," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (29/12/2021).

Dunia usaha memiliki peran penting dalam mitigasi perubahan iklim. Sedangkan dalam konteks PROPER, hal ini terkait dengan keterlibatan pembangunan yang ramah lingkungan, pengelolaan ruang terbuka hijau, konservasi keanekaragaman hayati, serta pengelolaan energi, emisi, air dan limbah.

"Kami bangga dengan penghargaan yang diperoleh oleh para Anggota MIND ID. Diharapkan Penghargaan ini akan semakin mendorong semangat kerja para insan MIND ID untuk dapat berkontribusi lebih baik lagi bagi negeri," ungkap Dany.

Sebanyak 2.583 perusahaan ikut dalam ajang penilaian PROPER tahun 2021 ini. Sebanyak 47 Perusahaan meraih predikat PROPER EMAS, 186 perusahaan PROPER HIJAU, 1.670 perusahaan PROPER BIRU, dan 645 perusahaan PROPER Merah.

Adapun selama pandemi COVID-19, indikator penilaian PROPER pada aspek pengembangan masyarakat diantaranya terkait sensitivitas dan daya tanggap kebencanaan. Kemudian penilaian lainnya adalah respon perusahaan terhadap COVID-19 diantaranya melalui komitmen tidak melakukan PHK, serta program pengembangan masyarakat berkelanjutan untuk pemulihan ekonomi di masa pandemi.

(akn/ega)