Menag Ungkap Tim PPIU Berangkat ke Arab demi Cari Tahu Prosedur Umrah

Nahda Rizki Utami - detikNews
Rabu, 29 Des 2021 18:15 WIB
Menag Yaqut Cholil Qoumas
Menag Yaqut Cholil Qoumas (Nahda/detikcom)
Jakarta -

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas merespons terkait keberangkatan umrah yang dilakukan oleh pengurus asosiasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU). Pasalnya, tim PPIU berangkat umrah saat pemerintah mengimbau masyarakat tidak melakukan perjalanan ke luar negeri.

Yaqut menyebut keberangkatan tim PPIU dalam menjalankan ibadah umrah untuk mencari tahu bagaimana prosedur umrah di negara Arab di tengah situasi saat ini. Hal itu juga sebagai bentuk kemudahan untuk jemaah nantinya.

"Supaya tim PPIU tahu prosedur di sana bagaimana. Ini untuk kemudahan jemaah," kata Yaqut di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Rabu, (29/12/2021).

Yaqut juga mengatakan tim PPIU tetap mengikuti prosedur dan protokol kesehatan. Yaqut juga memastikan tim PPIU mengikuti karantina selama 10 hari setelah ibadah umrah.

"Dan mereka akan ikuti prosedur dan prokes. Termasuk pulang mereka karantina 10 hari. Jadi kita harus layani semua," jelas Yaqut.

Terakhir, Yaqut mengatakan sedang mempersiapkan pemberangkatan umrah bagi jemaah Indonesia. Pemberangkatan masih akan menanti ada atau tidaknya pelonggaran yang diterapkan.

"Ini dipersiapkan. Setelah ada pelonggaran, setelah ada pelonggaran insyaallah berangkat," tutur Yaqut.

(maa/maa)