Wapres Ma'ruf Beri Motivasi: UMKM Kecil Bisa Besar, Jangan Sampai Stunting

Dwi Andayani - detikNews
Rabu, 29 Des 2021 15:44 WIB
Wapres Maruf Amin
Wapres Ma'ruf Amin (Dok. Setwapres)
Tangerang -

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mendorong usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Tanah Air terus berkembang. Ma'ruf tidak ingin UMKM di Indonesia terkena stunting (kekurangan gizi).

"Saya ingin mengatakan pada UMKM bahwa UMKM itu besar, dari kecil bisa besar," ujar Ma'ruf di Tangerang, Banten, Rabu (29/12/2021).

Dorongan itu disampaikan Ma'ruf dalam kunjungannya ke PT Paragon Technology and Innovation, di Tangerang, hari ini. Di sana, Wapres Ma'ruf sempat melihat laboratorium dan produk-produk kosmetik halal.

Lalu, bagaimana caranya agar UMKM bisa tumbuh dengan baik? Caranya, sebut Wapres Ma'ruf, pelaku UMKM harus memiliki keinginan dan keyakinan bahwa usahanya akan tumbuh.

"Sering saya katakan, jangan sampai UMKM terkena penyakit stunting, kecil terus. Saya ingin memberikan dorongan kepada usaha UMKM, mereka harus punya alasan lebih besar," kata Ma'ruf.

Lebih lanjut Ma'ruf menyampaikan para pelaku UMKM saat ini berlomba-lomba membuat produk halal. Mantan Ketua MUI itu mengungkapkan pemerintah menargetkan Indonesia menjadi produsen produk halal di dunia pada 2024 mendatang.

"Halal sekarang ini sudah menjadi tren global dan gaya hidup. Oleh karena itu, berlomba semua negara," sebut Ma'ruf.

"Kita ingin mewujudkan cita-cita kita supaya Indonesia jadi produsen halal di dunia pada 2024. Ini menjadi peluang penyerapan tenaga kerja," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Ma'ruf mengatakan katalog produk halal untuk ekspor perlu diperbaiki. Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) itu menyebut banyak produk halal yang belum terkodifikasi.

"Pertama kita mendorong lahirnya industri-industri halal di kawasan-kawasan industri maupun di luar dan memperbaiki katalognya. Sebetulnya ekspor halal sudah besar tapi banyak yang tidak terkodifikasi," ujar Ma'ruf Amin, Rabu (29/12).

(dwia/zak)