Wagub DKI: Kasus Omicron Sudah Tinggi, Jangan Ada Kerumunan Malam Tahun Baru!

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 29 Des 2021 14:26 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Jumlah kasus Omicron di RI bertambah jadi 47 orang setelah kasus transmisi lokal terdeteksi. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berpesan agar warga tidak membuat acara yang mengundang kerumunan selama perayaan tahun baru demi menghindari transmisi lokal Omicron.

"Terkait Omicron, sekali lagi, angkanya sudah cukup tinggi. Kami minta warga Jakarta memasuki malam tahun baru untuk menghindari kerumunan, tidak perlu bikin acara-acara yang dapat menimbulkan kerumunan, interaksi yang tinggi, apalagi terjadi mobilitas ke daerah ke luar negeri. Kami minta itu dapat dihindari, " kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (29/12/2021).

Politikus Gerindra itu meminta warga berdisiplin menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Warga diminta merayakan momen pergantian tahun di rumah masing-masing.

"Kami minta semua warga DKI bisa lebih disiplin lagi, prokesnya dan tempat yang terbaik dan berkumpul dengan keluarga di rumah," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, jumlah kasus Omicron di Indonesia terus bertambah. Saat ini total kasus Omicron yang terdeteksi di Indonesia ada 47 kasus.

Kasus Omicron di Indonesia mulanya ada 46 kasus. Pada Selasa (28/12), juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi mengumumkan adanya satu kasus transmisi lokal varian baru Omicron di Jakarta.

Adanya satu kasus transmisi lokal menambah jumlah kasus konfirmasi positif Omicron di Indonesia. Sebanyak 46 kasus merupakan kasus impor dan satu kasus transmisi lokal.

"Yang terbaru adalah kasus laki-laki, usia 37 tahun, yang tidak ada riwayat perjalanan ke luar negeri dalam beberapa bulan terakhir, ataupun kontak dengan pelaku perjalanan luar negeri," kata dr Siti Nadia.

(taa/idn)