Jelang PTM 100%, Ini Persiapan yang Harus Diajarkan pada Anak

Yudistira Perdana Imandiar - detikNews
Rabu, 29 Des 2021 10:13 WIB
Persiapan PTM
Foto: Dok. SPS

Selain itu, dr Adel mengingatkan orang tua untuk mengajarkan anak agar selalu mengeringkan alat vital setelah buang air. Menurutnya, orang tua kerap melewatkan hal ini karena menganggap air bisa kering sendiri.

"Padahal area alat vital yang lembab atau celana dalam yang tidak kering, bisa memicu jamur candida albicans," sebut dr Adel.

Untuk anak perempuan, lanjut dr Adel, perlu dibiasakan untuk membasuh maupun mengeringkan dari arah depan ke belakang, jangan sebaliknya.

"Nanti e.coli di anus bisa terangkut ke depan bila arahnya sebaliknya. Mengeringkannya pun jangan ditepuk-tepuk ya," terang dr Adel.

Ia menyarankan untuk mengeringkan air setelah buang air dengan tisu. Alasannya, beberapa jurnal tidak menganjurkan mengeringkan dengan handuk/kain. Hal ini lantaran handuk yang lembab dan dipakai berulang justru mengumpulkan virus dan kuman. Pengggunaan hand dryer juga tidak aman karena malah membuat kuman/virus berterbangan ke udara.

Ia juga menyarankan orang tua untuk memahami masing-masing penggunaan tisu. Dengan begitu maka manfaatnya pun akan lebih maksimal. Ia menegaskan salah penggunaan tisu pun bisa berakibat tidak baik.

"Untuk mengelap cemong di mulut atau sehabis mencuci muka, tisu facial yang lembut paling baik digunakan agar wajah anak tidak iritasi," tutup dr. Adel.

Sementara itu, Vice Commercial Director Sun Paper Source - Sopanusa William Yaury menyampaikan, di Indonesia penggunaan tisu masih sering salah kaprah. Oleh sebab itu, PT Sun Paper Source, produsen tisu Montiss, Favour dan Pulpies ingin mengedukasi bahwa masing-masing jenis tisu punya fungsi tersendiri. Secara garis besar jenis tisu ada facial tissue, napkin tissue, dan towel tissue.

"Masing-masing punya fungsi. Misalnya untuk mengeringkan setelah buang air ya pakai tisu toilet, jangan tissue toilet digunakan di meja makan," tutur William.

Untuk mengeringkan tangan, imbuhnya, tisu yang paling tepat adalah towel yang berdaya serap paling tinggi. Sebenarnya, tisu towel pun punya dua jenis yakni untuk mengeringkan tangan (hand towel) dan untuk penggunaan di dapur (kitchen towel).


(prf/ega)