Jelang Presidensi G20, Ma'ruf Minta RI Beri Contoh Atasi Masalah Iklim

Dwi Andayani - detikNews
Selasa, 28 Des 2021 14:33 WIB
Maruf Amin saat kunjungan kerja ke Jayapura
Wapres RI Ma'ruf Amin (Foto: dok. Setwapres)
Jakarta -

Pelaksanaan Presidensi G20 di Indonesia akan dilakukan tahun depan. Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan Indonesia harus memberikan contoh dalam mengatasi perubahan iklim.

"Dalam rangka Presidensi Indonesia di G20, Indonesia harus dapat memberikan contoh dalam bekerja sama mengatasi perubahan iklim dan mengelola lingkungan secara berkelanjutan dengan tindakan nyata," ujar Ma'ruf Amin dalam sambutannya pada acara Penganugerahan Penghargaan PROPER tahun 2021 di Istana Wakil Presiden, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (28/12/2021).

Ma'ruf mengatakan penanganan perubahan iklim harus menunjukkan kemajuan. Selain itu penanganan masalah pengentasan kemiskinan hingga Sustainable Development Goals (SDGs) perlu diperhatikan.

"Penanganan perubahan iklim harus bergerak maju seiring dengan penanganan berbagai tantangan global lainnya, seperti pengentasan kemiskinan dan pencapaian target SDGs," kata Ma'ruf.

Ma'ruf meminta adanya peran aktif dari dunia usaha untuk ikut mengatasi masalah perubahan iklim. Hal ini dimaksud agar pelaku industri ikut serta mengurangi dampak buruk perubahan iklim.

"Saya mengharapkan peran aktif kalangan dunia usaha dalam mengatasi masalah perubahan iklim dan pengelolaan lingkungan berkelanjutan. Salah satunya adalah agar pelaku industri turut berpartisipasi dalam rencana target Indonesia FOLU (Forestry and Other Land Use) Net Sink 2030 untuk mengurangi dampak buruk perubahan iklim," kata Ma'ruf.

"Karena Indonesia berkomitmen tinggi terhadap pengurangan emisi gas rumah kaca. Serta berkomitmen untuk mendukung target Indonesia mencapai Net-Zero Emission pada tahun 2060," imbuhnya.

(dwia/isa)