Buni Yani Partai Ummat: Amien Rais Tak Berambisi Nyapres

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Selasa, 28 Des 2021 13:21 WIB
Amien Rais mengumumkan partai barunya, Partai Ummat (Dok. Screenshot YouTube Amien Rais).
Foto: Amien Rais saat mengumumkan partai barunya, Partai Ummat (Dok. Screenshot YouTube Amien Rais).
Jakarta -

Ketua Umum (Ketum) Partai Ummat Ridho Rahmadi berbicara soal bermimpi Amien Rais menjadi presiden. Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Ummat Buni Yani mengatakan Amien Rais tak pernah punya ambisi untuk nyapres.

"Pak Amien sudah menegaskan dalam forum yang sama bahwa beliau tak pernah punya ambisi untuk nyapres," ujar Buni Yani kepada wartawan, Selasa (28/11/2021).

Dia melanjutkan, Amien Rais justru memberikan kesempatan kepada anak muda di Partai Ummat. Para kader generasi muda dipersilakan maju di kontestasi pilpres apabila partainya kelak bisa mengusung capres.

"Pak Amien mempersilakan yang muda-muda untuk maju nyapres seandainya kelak Partai Ummat bisa mencalonkan," katanya.

Alih-alih fokus pencapresan, Buni menuturkan partainya kini sedang fokus mengajukan judicial review soal aturan syarat presidential threshold 20 persen ke Mahkamah Konstitusi (MK). Menurutnya, syarat ambang batas pencapresan yang termuat dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu itu tak masuk akal.

"Partai Ummat sekarang sedang mempersiapkan dokumen untuk mengajukan judicial review ambang batas 20% ke MK. Partai Ummat menganggap aturan ini tidak masuk akal," kata Buni.

"Tidak lebih sebagai strategi untuk menjegal capres yang potensial dan melanggengkan kekuasaan oligarki," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Ridho Rahmadi berbicara soal bermimpi Amien Rais menjadi presiden. Hal itu disampaikan Ridho Rahmadi dalam video di Instagram resminya seperti dilihat Senin (27/12/2021).

"Jadi, insyaallah sebagai kontribusi nyata kita sebelum 2024 dalam konteks untuk demokrasi yang sehat ini kita akan mengajukan judicial review insyaallah. Dua klausul, klausul pertama adalah presidential threshold agar 0%. Klausul kedua bahwa pencapresan berbasis hasil Pemilu 2019. Itu yang akan kita sasar," katanya.

"Jika Allah mengizinkan kenapa kita tidak bermimpi Amien Rais jadi presiden?" imbuh Ridho.

Simak juga video 'PKB soal Elektabilitas Capres: 2 Tahun Lagi, Muhaimin Akan Salip Ganjar':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/gbr)