Kapal Angkut Rohingya di Aceh Diberi BBM, Diminta Lanjut ke Tujuan

Agus Setyadi - detikNews
Selasa, 28 Des 2021 10:33 WIB
Kapal angkut pengungsi Rohingya di Aceh (dok. Istimewa)
Foto: Kapal angkut pengungsi Rohingya di Aceh (dok. Istimewa)
Banda Aceh -

Polisi mengatakan tim gabungan bakal memberikan bantuan makanan dan BBM ke kapal yang membawa 120 orang diduga warga Rohingya. Kapal itu diminta melanjutkan perjalanan ke tujuan mereka.

"Tim akan memberikan bantuan ke kapal Rohingya agar mereka melanjutkan perjalanan ke Malaysia sebagaimana rekom yang dimiliki sesuai informasi yang kita dapatkan serta juga sesuai keinginan para pengungsi tersebut," kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Winardy kepada wartawan, Selasa (28/12/2021).

Bantuan diberikan Direktorat Polairud Polda Aceh, Polres Bireuen, TNI AL dan Pemkab Bireuen. Tim gabungan juga bakal memantau pergerakan kapal menuju Malaysia.

Winardy belum mengetahui apakah kapal tersebut bakal dikawal TNI AL hingga ke perbatasan negara atau tidak. Kapal yang membawa anak-anak, perempuan dan laki-laki itu disebut bakal segera meninggalkan Aceh begitu dapat pasokan makanan dan BBM.

"Kita masih menunggu infomasi, penyuplaian tersebut sudah dilakukan apa belum. Saya kira setelah selesai penyuplaian tentunya langsung melanjutkan perjalanan," jelas Winardy.

Sebelumnya, nelayan Aceh melihat kapal yang diduga membawa warga etnis Rohingya berada di Perairan Bireuen. Kapal itu masih berada di tengah lautan.

Dalam foto diperoleh detikcom, Minggu (26/12), orang-orang di dalam kapal tampak perempuan dan laki-laki beragam usai. Mereka memenuhi seisi kapal. Namun belum diketahui jumlah diduga warga Rohingya tersebut.

Sekjen Panglima Laot Aceh Miftach Cut Adek mengatakan, kapal itu terpantau sekitar 67 mil laut di Perairan Bireuen. Keberadaan kapal itu juga disebut telah diketahui oleh pihak TNI AL.

"Nelayan kita yang baru pulang melaut melaporkan mereka melihat adanya kapal Rohingya di depan Perairan Bireuen," kata Miftach kepada wartawan.

Jumlah warga Rohingya itu diperkirakan berjumlah 120 orang. Mereka terdiri dari 11 orang laki-laki, 61 anak di bawah umur dan sisanya perempuan.

"Kondisi mereka sehat, kemarin sudah dikasih makanan oleh nelayan kita. Semalam juga diantar makanan oleh nelayan Jeunieb," kata Panglima Laot Bireuen Badruddin Yunus, Senin (27/12).

Simak Video 'Nelayan Aceh Lihat Kapal Diduga Angkut Warga Rohingya di Perairan Bireuen':

[Gambas:Video 20detik]



(agse/haf)