Walkot Padang: Terima Kasih Andre Rosiade Bantu Bangun Pasar Belimbing

Dea Duta Aulia - detikNews
Selasa, 28 Des 2021 10:23 WIB
Wali Kota Padang Hendri Septa berterima kasih kepada anggota DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade yang telah memasilitasi pembangunan Pasar Belimbing, Kuranji, Kota Padang. Pada tahun 2022 rencananya pasar di perumahan terbesar di Sumbar itu akan dibangun dengan dana Rp 4 miliar.
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta - Wali Kota Padang Hendri Septa berterima kasih kepada anggota DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade yang telah memasilitasi pembangunan Pasar Belimbing, Kuranji, Kota Padang. Pada tahun 2022, rencananya pasar di perumahan terbesar di Sumbar itu akan dibangun dengan dana Rp 4 miliar.

"Berkat bantuan anggota DPR RI Andre Rosiade, Pasar Belimbing Kuranji dibangun dengan dana pusat atau APBN Rp4 miliar. Terima kasih. Semoga pelaksanaannya berjalan dengan lancar dan sesuai harapan," ungkap Wako Hendri Septa dalam keterangannya, Selasa (28/12/2021)

Hendri berharap dengan adanya revitalisasi Pasar Belimbing ke depan akan menjadikan pasar pembantu yang representatif. "Semoga dengan itu geliat perdagangan dan ekonomi warga kita semakin meningkat meski di tengah pandemi COVID-19 yang masih mewabah sampai saat ini," katanya.

Andre menyebutkan Pasar Belimbing adalah satu dari sejumlah pasar yang pembangunannya difasilitasinya di Sumbar. Sebelumnya tahun 2010 telah dibangun dua pasar di Kabupaten Dharmasraya dan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). Selanjutnya tahun 2021 juga dibangun Pasar Pematang Panjang di Kabupaten Sijunjung.

"Alhamdulillah tahun ini juga sudah dipastikan akan dibangun Pasar Belimbing di Kota Padang. Semoga bisa dituntaskan 2022 mendatang, agar menjadi pasar yang bisa dimanfaatkan oleh warga Kuranji," kata Anggota Komisi VI DPR RI yang bermitra dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag) ini.

Pembangunan pasar tersebut dipastikan seiring terbitnya Permendag Nomor 66 Tahun 2021 tentang Penugasan Bupati/Wali Kota Dalam Rangka Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan/Revitalisasi Sarana Perdagangan Berupa Pasar Rakyat dan Gudang Non Sistem Resi Gudang yang Didanai Melalui Dana TP Pembantuan APBN TA 2022.

"Pasar Belimbing memang layak dibangun, apalagi pernah terbakar dan pembangunannya sekarang juga tersendat. Kami memastikan pembangunannya dengan langsung bertemu dengan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi di Jakarta. Proposal yang disiapkan Dinas Perdagangan Kota Padang langsung diakomodir Mendag," jelas Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar ini.

Sebelumnya, pada 5 April 2021 Senin Mendag M Lutfi juga telah melakukan kunjungan ke Sumbar, tepatnya Kota Padang dan Bukittinggi. Mendag Lutfi ingin memastikan lokasi rencana rehabilitasi Pasar Fase VII Pasar Raya Padang dan revitalisasi Pasar Bawah Bukittinggi, seperti yang diusulkan Andre Rosiade.

Sebagai 'duta besar Sumbar' di Ibu Kota, Andre Rosiade juga telah bertemu dan berdialog dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono dan Mendag M Luthfi di kantor Kementerian PUPR, Jakarta, 15 April 2021. Andre menyerahkan surat rekomendasi pembangunan Fase VII Pasar Raya Kota Padang dan Pasar Bawah Bukittinggi kepada Menteri PUPR.

"Pasar Bawah Bukittinggi dan Pasar Raya Padang Fase VII merupakan pilar penting dalam membangkitkan ekonomi masyarakat akibat pandemi COVID-19. Saat ini kondisi fisik kedua pasar tersebut sudah tidak layak huni. Semoga juga segera dibangun bersamaan dengan Pasar Belimbing," pungkas Andre.

Simak juga ''Pasta Padang', Ketika Bumbu Minang Kawin dengan Pasta Italia':

[Gambas:Video 20detik]



(akd/ega)