ADVERTISEMENT

Video 20Detik

Presiden Belarusia Coba Ubah Konstitusi agar Berkuasa Hingga 2035

Ashri Fathan - detikNews
Selasa, 28 Des 2021 06:15 WIB
Jakarta -

Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko, telah menyiapkan susunan amandemen untuk mengubah konstitusi negaranya. Jika amandemen tersebut disahkan, Lukashenko bisa berkuasa sampai tahun 2035.

Amandemen yang diusulkan diterbitkan di situs resmi presiden dan kantor berita negara Belta. Warga Belarusia didorong untuk menyampaikan komentar, saran, dan pendapat mereka tentang perubahan tersebut.

Lukashenko sendiri tidak memberikan komentar apapun terkait amandemen tersebut. Ia tampak melakukan kampanye tahunan Our Children dengan menghadiri perayaan Malam Tahun Baru khusus untuk anak-anak di aula utama Istana Republik di ibu kota, Minsk.

"Bagi saya sebagai presiden, itu juga semacam hadiah untuk berada di sini. Ini adalah kesempatan untuk sejenak, mengalihkan pikiran dari masalah politik yang kadang-kadang cukup tidak menyenangkan," ucap Lukashenko.

Diketahui saat ini masa jabatan Presiden Belarusia dibatasi 2 kali masa jabatan dengan masing-masing periode selama 5 tahun. Perubahan amandemen tersebut membuat gejolak di tengah masyarakat.

Rencananya amandemen akan diajukan untuk referendum. Dijadwalkan pada Februari 2022.

(rmi/rmi)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT