Kiprah Irjen Iqbal di NTB: WSBK Aman-Bangun Kantor Difabel

Audrey Santoso - detikNews
Senin, 27 Des 2021 16:56 WIB
Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal. (ANTARA/Dhimas BP)
Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal. (ANTARA/Dhimas BP)

Asia Talent Cup-WSBK Mandalika Aman Tanpa Klaster

Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal menggaransi WSBK Mandalika berjalan lancar dan taat prokes.Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal menggaransi WSBK Mandalika berjalan lancar dan taat prokes. (dok. Istimewa)

Pekerja rumah Iqbal selanjutnya adalah memastikan WSBK Mandalika berjalan aman dan lancar. WSBK digelar pada 19-21 November 2021.

Iqbal saat itu menjelaskan WSBK Mandalika akan dijaga 3.000 aparat gabungan TNI-Polri. Personel keamanan dikerahkan mulai dari terowongan-terowongan hingga perbukitan.

"Seluruh penonton sudah di-screening sejak awal di lima pintu masuk NTB. Tentunya dari dua aspek. Pertama gangguan keamanan, biar kita yakin tidak ada hal-hal yang mengkhawatirkan dari seluruh penonton yang menuju Mandalika," terang Iqbal usai menyaksikan simulasi penanganan ancaman keamanan bersama Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi pada Rabu (10/11) lalu.

"Dan kedua protokol kesehatan. Disiapkan ratusan kendaraan dari Dinas Perhubungan untuk menjemput semua penonton yang ada di 5 pintu masuk tersebut, dan di sana juga berlaku protokol kesehatan di bus," sambung Iqbal.

Usai rampungnya ajang WSBK, Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Riskiyana Sukandhi Putra mengatakan gelaran WSBK menjadi bukti Indonesia mampu mengadakan event internasional dengan prokes ketat.

"Kegiatan di lapangan dapat berlangsung sesuai prokes. Peran lintas lembaga juga telah mendukung penerapan prokes tersebut, seperti ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) dan MGPA (Mandalika Grand Prix Association) melalui Event Organizer Diandra, kemudian Kemenkes dan BNPB," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (25/11).

Riskiyana menjelaskan, berdasarkan keterangan Dinas Kesehatan Kabupaten Loteng, tidak ada klaster baru COVID-19 dalam ajang Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) maupun WSBK Mandalika. Menurutnya, hal ini tidak lepas dari berbagai upaya pencegahan transmisi dan perlindungan kesehatan selama acara berlangsung.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.