Kiprah Irjen Iqbal di NTB: WSBK Aman-Bangun Kantor Difabel

Audrey Santoso - detikNews
Senin, 27 Des 2021 16:56 WIB
Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal. (ANTARA/Dhimas BP)
Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal. (ANTARA/Dhimas BP)

Kejar Vaksinasi 70 Persen Warga Loteng

Selain itu, Iqbal mengadakan serangkaian kegiatan vaksinasi massal COVID-19 mulai dari Presisi Goes to Campus (1.000 dosis vaksin per universitas), Batalion Vaksinator, hingga vaksinasi yang berkonsentrasi di Lombok Tengah, tempat perhelatan WSBK Mandalika. Pada saat Apel Gabungan Tim Vaksinator, di halaman Kantor Bupati, Praya, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), Minggu (19/9), Iqbal dan Kepala Dinas Kesehatan NTB HL Tamzi Fikri senada meminta 1,3 juta dosis vaksin kepada pemerintah pusat untuk disuntikkan ke warga.

"(Harapan kepada pemerintah) pusat, Kemenkes hari ini dropping vaksin saja sesegera mungkin ke Lombok Tengah. Kami siap, kita akan suntikkan khusus ke Lombok Tengah. Kita akan kelola, kita siap menghabiskan satu hari minimal 41.018 (dosis vaksin)," ujar Iqbal saat itu.

Untuk diketahui, vaksinasi COVID-19 yang mencakup 70 persen populasi warga layak vaksin menjadi syarat tergelarnya WSBK Mandalika. Iqbal juga memutuskan membentuk Batalion P-care yang ditujukan membantu penginputan data warga tervaksin yang kerap bermasalah.

"Di beberapa lokasi vaksinasi banyak terdapat wilayah yang tidak ada, terkendala signal internet, situasi dan kondisi alam desa-desa Lombok Tengah sangat banyak yang perbukitan terjal, lembah, lautan. Beda sekali dengan perkotaan. Apalagi strategi percepatan laju vaksinasi di Loteng ini banyak dengan sistem door to door sehingga sangat terkendala jaringan, signal. Nah di loteng ini tidak bisa real time suntik sekaligus input data," jelas Iqbal soal alasan pembentukan Batalion Pcare yang beranggotakan 180 personel TNI-Polri, relawan dan petugas Dinas Dukcapil NTB.

Perwakilan Kemenkes tinjau kerja Batalion P-Care di Lombok Tengah, NTB.Perwakilan Kemenkes tinjau kerja Batalion P-Care di Lombok Tengah, NTB. (dok. Polda NTB)

Target 70 Persen Warga Loteng Divaksin Tercapai

Pada 5 Oktober 2021, Iqbal menyampaikan persentase vaksinasi dosis 1 COVID-19 di Lombok Tengah melampaui 70 persen. Artinya, Lombok Tengah sudah memenuhi syarat untuk menjadi tuan rumah WSBK Mandalika.

"Telah dilakukan rapat validasi data tadi malam (Senin, 4 Oktober 2021). Alhamdulillah vaksinasi di Loteng telah melebihi 70 persen," tutur Iqbal dalam keterangan tertulis, Selasa (5/10).

"Kado terindah pada HUT TNI. Terima kasih banyak atas semua kinerja hebat tim Extraordinary Loteng, Pak Gubernur (Zulkieflimansyah), Pak Danrem 162/WB (Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani), Bu Wagub (Sitti Rohmi), Pak Bupati (HL Pathul Bahri), seluruh nakes dan khususnya warga Loteng yang sadar akan pentingnya vaksin," imbuh Iqbal.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.